banner 728x90

Tingkatkan Partisipasi Purnawirawan TNI-POLRI Dalam Pilkada 2024, Kesbangpol Magetan Gelar Sosialisasi

Jawa Timur – Magetan, Mearindo.com – Sebentar lagi Kabupaten Magetan punya gawe besar yaitu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada November 2024 mendatang. Untuk itu, dalam rangka menyukseskan perhelatan tersebut Bakesbangpol Magetan menggelar sosialisasi.

Kali ini, Bakesbangpol Magetan mengajak para Purnawirawan TNI- POLRI untuk berdialog politik dengan menghadirkan tiga narasumber dari KPU Magetan, Polres Magetan dan Kodim 0804 Magetan.

Kegiatan sosialisai yang digelar di RM Harmada Joglo, Kamis (11/07/2024) ini dengan mengambil tema “Meningkatkan Partisipasi Purnawirawan TNI- POLRI Dalam Menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Magetan Tahun 2024”.

Pj Bupati Magetan, Hergunadi mengatakan purnawirawan TNI-Polri memiliki
kapabilitas dalam bidang militer, organisasi, jaringan, serta social capital yang berpengaruh dalam memobilisasi massa. Sehingga, sosialisasi pendidikan politik yang dilakukan pada hari ini memiliki tujuan dan output dalam membantu semua warga negara khususnya Purnawirawan TNI-Polri untuk berpartisipasi aktif mewujudkan pesta demokrasi di Kabupaten Magetan yang lancar, sesuai prosedur dan berlangsung kondusif.

“Meskipun tidak lagi aktif dalam dinas Militer atau Kepolisian, Purnawirawan TNI dan Polri sering kali tetap berperan dalam masyarakat. Mereka dapat menjadi mentor, memberikan kontribusi dalam bidang-bidang tertentu, atau terlibat dalam kegiatan sosial, keagamaan, ekonomi hingga politik,” kata Pj Bupati.

Untuk itu, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Magetan berkewajiban memberikan fasilitasi terhadap proses pendidikan politik kepada seluruh masyarakat melalui program – progamnya sebagai upaya perbaikan paradigma masyarakat terhadap politik.

“Menjelang pesta demokrasi di daerah tahun 2024 ini, kegiatan sosialisasi dan dialog politik sangat relevan untuk meningkatkan pemahaman berdemokrasi dan berpolitik, agar masyarakat antusias dalam menyambut pesta demokrasi lima tahunan, dengan hadir di TPS untuk memberikan hak pilihnya,” pungkas Hergunadi.

Ditempat yang sama, Plh Kepala Bakesbangpol Magetan, Benny Adrian menyampaikan kegiatan sosialisai ini untuk menambah pemahaman dan meningkatkan partisipasi bagi Purnawirawan TNI-Polri juga perhimpunan istri purnawirawan,

“Sosialisasi tidak hanya kewajiban dari pemerintah tetapi juga semua stakeholder yang terlibat salah satunya para purnawirawan,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, kegiatan sosialisasi pendidikan politik bagi purnawirawan TNI dan Polri ini merupakan salah satu upaya dari penyelenggara Pilkada untuk memberikan informasi terkait Pilkada tahun 2024, pungkasnya. (G.Tik)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan