banner 728x90

Kriteria Penilian lomba Melukis/ Mewarnai Tingkat TK dan SD

Lukisan berfungsi sebagai media ekspresif untuk memandang dunia. Lewat lukisan, seorang dapat mengungkapkan eskpresi visi dan harapan mereka terhadap kondisi yang terjadi.

Tidak dipungkiri, anak-anak memiliki ekspresi jujur dalam melihat masa depan yang lebih baik. Sehingga melalui Lomba Melukis, Anak peserta lomba diajak untuk mengungkapkan berbagai cara yang dapat dilakukan dalam aktivitas sehari-hari. Para peserta juga diajak untuk menorehkan dunia impian mereka dalam karya lukisan.

Lewat kegiatan melukis atau menggambar, anak-anak diajak untuk aktif menjadi agen perubahan yang mampu mendorong teman-teman, keluarga, serta orang terdekat di sekitar mereka lewat ide-ide dalam menciptakan lingkungan bersih, sehat dan ramah ataupun imajinasi lainya yang muncul dalam pikiran anak.

Lukisan merupakan salah satu media dalam seni. Ditengah-tengah perkembangan teknologi yang pesat, lukisan tetap menjadi media yang relevan dengan pesan-pesannya. Kalau dulu kita melihat lukisan di museum untuk mempelajari sejarah sekarang kita bisa melihat lukisan sebagai cara untuk memandang masa depan.

Kriteria Penilaian untuk mewarnai tingkat TK:
– Harmoni (komposisi warna) 30 %
– motorik (kecermatan/ketelitian) 40 %
– Finishing (kerapihan dan kebersihan) 30 %

Kriteria Penilaian Lomba Lukis untuk SD :
– Ide (kesesuaian Tematik-Konseptual) 30 %
– kreativitas (keunikan dan daya cipta) 30 %
– Harmoni (Komposisi bentuk dan warna ) 30 %

Syifaul Anam,
Disampaikan dalam Lomba Melukis dan Mewarnai tingkat TK se Kabupaten Magetan di Perumahan Bandar Sari Magetan (21/04/2012)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan