banner 728x90

Dinas PUPR Magetan Bidang SDA Rehabilitasi Saluran Numpuk Poncol

Jawa Timur – Magetan, Mearindo.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Magetan melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) terus meningkatkan pembangunan saluran irigasi guna menunjang sektor pertanian. Salah satunya yaitu Rehabilitasi Bendung dan Saluran Irigasi Numpuk yang berada di Desa Cileng, Kecamatan Poncol.

Rehabilitasi Bendung dan Saluran Irigasi Numpuk ini dikerjakan oleh CV. Satria Piningit dengan nilai kontrak 197.070.000 juta. Dana tersebut bersumber dari APBD tahun 2023.

Kepala Dinas PUPR Magetan saat di konfirmasi melalui Kepala Bidang SDA, Yuli K. Iswahyudi mengatakan, rehabilitasi bendung dan saluran irigasi tersebut guna memaksimalkan air dari sungai maupun sumber untuk menunjang kegiatan pertanian.

“Ketika air lancar ke persawahan, petani dapat meningkatkan intensitas pertanaman sehingga produktivitas juga bisa meningkat,” ujarnya pada Mearindo.com, Senin (6/11/2023).

Menurut Yuli, dengan proyek yang ditargetkan selesai tepat waktu dapat meningkatkan kapasitas saluran irigasi, mengembalikan fungsi layanan terhadap areal sawah, sehingga air yang ada di saluran irigasi bisa menjangkau lahan pertanian yang lebih luas.

“Nantinya, ketika proyek ini sudah selesai, langsung dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat petani dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas pertanian,” ungkapnya.

Yuli berharap, ketika proyek tersebut sudah selesai, masyarakat dapat menjaga, merawat dan memaksimalkan fungsi irigasi yang telah diberikan oleh Pemkab Magetan melalui Dinas PUPR bidang SDA ini,

“Setelah proyek selesai, kami mengajak masyarakat khususnya warga masyarakat Desa Cileng untuk bersama -sama menjaga dan merawat agar tetap awet,” harapnya.

Giyo, salah satu warga Desa Cileng mengatakan bahwa sebelum proyek tersebut dikerjakan, disepanjang saluran air banyak di tumbuhi rumput liar.

“Sebelum dikerjakan, disini banyak rumput liarnya, sehingga menghambat aliran air,” ujar Giyo saat disekitar lokasi proyek.

Dengan adanya proyek tersebut Giyo merasa senang, selain air irigasi menjadikan lancar, ia berterimakasih kepada pemerintah yang telah membangun saluran irigasi tersebut.

“Terima kasih pada Dinas PUPR Magetan yang sudah mulai mengerjakan saluran irigasi di Desa kami. Akan kami rawat, kami jaga agar bangunan ini nantinya awet dan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat khususnya petani,” imbuhnya. (G.Tik)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan