banner 728x90

Masa Jabatan Bertambah, BPD Se Kecamatan Takeran Dikukuhkan

Jawa Timur – Magetan, Mearindo.com – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kecamatan Takeran, Magetan resmi dikukuhkan dengan ditandai penyerahan keputusan Bupati tentang pengukuhan dan perpanjangan masa Keanggotaan Badan Permusyawaratan hingga tahun 2027 mendatang, Selasa (09/07/2024).

Acara pengukuhan anggota BPD yang di gelar di Aula Balai Desa Madigondo ini diikuti 80 anggota BPD dari 11 Desa yang tersebar di wilayah Kecamatan Takeran.

Penjabat Bupati Magetan, Hergunadi yang diwakili oleh Camat Takeran, Jaka prastawa mengatakan, perubahan ini berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 3 tahun 2024 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa,

“Hal ini khususnya tentang perubahan masa anggota Badan Permusyawaratan Desa yang semula 6 tahun menjadi 8 tahun,” kata Jaka Prastawa.

Sebagai bagian dari lembaga yang menjalankan fungsi Pemerintah Desa, lanjut Jaka, BPD adalah mitra kerja Pemerintah Desa, oleh karena itu diharapkan kepada BPD agar dapat selalu menjalin kerjasama baik antar sesama anggota Pemerintah Desa maupun dengan lembaga lain yang ada di Desa,

“Seandainya memang ada tindakan-tindakan Kepala Desa dan Perangkat Desa yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku, DPD dapat memberikan masukan dan saran secara santun dan beretika. Masukan dan saran dari BPD terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Desa tersebut hendaknya disampaikan secara langsung kepada pihak Desa melalui forum musyawarah atau disampaikan secara tertulis dengan surat,” terangnya.

Jaka Prastawa juga menyampaikan kepada Kepala Desa yang hadir, bahwa berdasarkan ketentuan pasal 62 Undang-Undang Nomor 3 tahun 2024 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disebutkan bahwa salah satu hak anggota BPD adalah mendapatkan jaminan sosial kesehatan dan Ketenagakerjaan,

“Utuk itu pada tahun anggaran 2025 dan perubahan anggaran tahun 2024 semoga dapat terealisasi,” harapnya.

Saya atas nama pribadi, Pemerintah Kabupaten Magetan dan seluruh masyarakat Magetan khususnya Kecamatan Takeran mengucapkan selamat kepada seluruh anggota yang telah dikukuhkan dengan perpanjangan masa Keanggotaan ini, ungkap Jaka Prastawa mengakhiri. (G.Tik)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan