banner 728x90

Pemdes Baleasri Gelar Musdes Penetapan APBDes Tahun 2024

Jawa Timur – Magetan, Mearindo.com – Pemdes Baleasri bersama Forkopimca Ngariboyo menggelar Musyawarah Desa Penetapan APBDes Tahun Anggaran 2024. Acara tersebut berlangsung di Aula Balai Desa Baleasri pada Minggu malam (31/12/2023).
Kepala Desa Baleasri Juremi meminta maaf kepada masyarakat yang membawa aspirasi untuk anggaran tahun 2024 yang belum bisa terakomodir,
“Saya minta maaf kepada bapak ibu yang membawa aspirasi dari masyarakat dan belum bisa diakomodir untuk anggaran tahun 2024. Nanti bisa diusulkan pada anggaran APBDes tahun 2025,” ungkapnya.
Untuk itu, Juremi meminta dukungan dan doa masyarakat Desa Baleasri agar dalam pelaksanaan penggunaan anggaran APBDes tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar.
Sementara, Camat Ngariboyo Agung Budiarto, S.Sos dalam sambutanya mengatakan, APBDes untuk ditetapkan memerlukan proses yang panjang, dilakukan rapat di Desa berkali – kali, baru dinaikkan di Kecamatan juga dilakukan evaluasi dengan teliti sesuai dengan peraturan dari pemerintah pusat.
“Setelah APBDes 2024 ditetapkan, tugas kita mengawasi pelaksanaannya secara bersama – sama, kami berharap pelaksanaannya berjalan dengan baik,” ungkapnya.
Dijelaskan Agung, Kepala Desa sebagai pengguna anggaran dan pengawasan kegiatan, pelaksana kegiatan harian oleh Kaur dan Kasi berdasar SK Kepala Desa sesuai dengan kemampuan, kecuali kasi keuangan tidak bisa sebagai pelaksana,
“Nanti perangkat Desa yang dipilih sebagai pelaksana harus sesuai dengan peraturan yang ada dan harus dibaca lagi panduan dalam pelaksanaan pembangunan Desa, kami mengharap perangkat Desa buka kembali tugas pokok fungsi masing-masing agar tidak terjadi penyelewengan,” jelasnya.
Dengan ditetapkannya APBDes 2024, pihaknya berharap kepada Kepala Desa agar segera disosialisasikan penetapan APBDes tahun 2024 dengan cara memasang banner dan ditempatkan ditempat yang strategis agar dilihat masyarakat,
“Itu merupakan transparansi pemerintah Desa dalam penggunaan dana APBDes kepada masyarakat,” tegas Agung.
Mengakhiri sambutanya, Agung berpesan kepada operator bahwa semua operator di tahun 2024 tidak boleh menerima honor lagi karena operator sudah melekat dalam jabatannya. (G.Tik)
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan