banner 728x90

TIDAR Untuk Indonesia ‘Tim Darurat Emergency Response’

Tentang Relawan Khusus ‘TIDAR’ Tim Darurat Emergency Response

Tim Darurat Emergency Response atau disingkat TIDAR – ER sebagai garda Emergency Response yang merupakan wadah komunikasi kemanusiaan di Indonesia bergerak dibidang kebencanaan alam, krisis atau kedaruratan sosial, darurat kesehatan, darurat ekonomi dan berbagai bentuk persoalan mendesak lainya yang menimpa manusia dan dibutuhkan segera adanya tindakan dari pihak lain.

TIDAR – ER merupakan sebuah wadah independen, universal dan bebas melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk membela kepentingan dan hak-hak masyarakat dengan berorientasi pada pembangunan masyarakat sipil yang kuat.

TIDAR – ER menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam upaya mengokohkan kebersamaan dan membangun harmoni kehidupan masyarakat.

CARA BERGABUNG TIDAR DAN 8 KLASTER RELAWAN TIDAR

TIDAR – ER beranggotakan individu-individu relawan dibekali dengan kemampuan sebagai relawan kemanusiaan yang memiliki komitmen dan kontribusi dalam menciptakan perubahan positif pada lingkunganya baik lingkungan mikro maupun makro atas dasar prinsip kesukarelaan sebagai wujud tanggungjawab sosial sebagai individu, sebagai warga masyarakat, sebagai warga negara.

Apa Visi Misi TIDAR – ER?
Untuk terciptanya masyarakat yang saling asah saling asih dan saling asuh menjadi harapan seluruh komponen bangsa ini sehingga terwujud pola kehidupan masyarakat yang menjunjung tinggi gotong royong serta kepekaan sosial.

Dalam menjalankan inti perannya, TIDAR – ER menitikberatkan aktivitasnya pada:

PELATIHAN KERELAWANAN
Tujuan kegiatan ini adalah mencetak relawan yang memahami jatidiri dan prinsip kerelawanan, membuka wawasan dan mengasah keterampilan relawan agar dapat mengambil peran dalam aksi-aksi kemanusiaan baik penanganan bencana, maupun program kemanusiaan diberbagai bidang kehidupan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Dalam rangkaian pelatihan kerelawanan ini setiap relawan diasah untuk mampu menjadi kontributor perubahan untuk perbaikan kondisi masyarakat dan bangsa.

Rangkaian pelatihan yang dilakukan, diantaranya:
1. Orientasi Kerelawanan
2. Managerial & Leadership Training
3. Pelatihan Penanganan bencana terpadu mulai dari mitigasi, emergency hingga recovery, mulai level basic hingga advance dilakukan secara bertahap.
4. Pelatihan Pengelolaan Program Kemanusiaan
5. Pelatihan Jurnalistik Kemanusiaan
6. Pembekalan berjenjang dalam “Universitas Kerelawanan”
7. dll

PEMBERDAYAAN RELAWAN

Pelatihan dan pembekalan skill saja tidak cukup untuk mengasah kepekaaan relawan terhadap lingkungan sosialnya. Maka tahap lanjutan paska pelatihan adalah pelibatan relawan dalam aksi-aksi kemanusiaan. Relawan diberikan kesempatan untuk terlibat aktif dan terjun langsung dalam Respons atas Bencana Alam dan Bencana Kemanusiaan di dalam negeri maupun Dunia Internasional.

Selain terlibat dalam aksi-aksi bersama, relawan TIDAR – ER juga diberikan kesempatan untuk terlibat total dalam program-program pendampingan maupun pemberdayaan masyarakat, dengan model kegiatan:

1. Kuliah Kerja Relawan atau Bakti Kerja Relawan

Relawan mendedikasikan waktu dan segala potensinya dalam mendorong serta membersamai masyarakat di komunitas pilihannya untuk meningkatkan kualitas kehidupannya di berbagai bidang baik pendidikan, kesehatan, ekonomi, dll. Relawan secara berkelompok mneyiapkan konsep program, merencanakan dan implementasi langsung bersama dengan masyarakat. Jangka waktu kegiatan ini disepakati bersama antara relawan dan komunitas/masyarakat.

2. Relawan Pendamping Masyarakat

Relawan berperan sebagai Pembina sekaligus fasilitator yang mendampingi masyarakat dalam menjalani program peningkatan kualitas hidup terutama di bidang ekonomi dan pembinaan mental spiritual.

3. Mobile Volunteer

Aksi regular yang dilaksanakan relawan untuk membantu masyarakat dari satu tempat ke tempat lainnya. Baik dalam bentuk layanan kesehatan, pemberian paket pangan, aksi bersama bersih lingkungan, dll.
Semua kegiatan diinisiasi dan dilaksanakan relawan dalam bentuk tim yang solid dan beraksi dengan dikoridori konsep dan perencanaan yang matang sehingga program aksi yang dijalankan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

PENGEMBANGAN JEJARING NASIONAL & GLOBAL

TIDAR – ER membina dan menguatkan jaringan kelembagaan secara universal. Hal ini sebagai salah satu upaya agar TIDAR-ER dapat berperan lebih reguler, akseleratif, dan mampu menjadi lokomotif perubahan yang lebih cepat dan besar. Pengelolaan jaringan TIDAR-ER berlandaskan prinsip dan spirit kemandirian.

TIDAR – ER menjadi salah satu tempat berkumpulnya orang – orang yang secara ikhlas sukarela karena panggilan nuraninya memberikan apa yang dimilikinya, baik pikiran, keahlian tenaga, waktu, kelebihan harta dan bentuk pengorbanan lainya kepada masyarakat lain sebagai perwujudan tanggung jawab sosialnya tanpa mengharapkan pamrih baik berupa imbalan (upah), kedudukan, kekuasaan, kepentingan maupun karier.

Dirilis Oleh
Tim Penerimaan Anggota Relawan TIDAR-ER 2019
Syifaul Anam, S.PdI

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan