banner 728x90

Cara Mengusir Semut Dikandang Ternak

Keberadaan semut sangat mengganggu kehidupan manusia. Seperti halnya semut dalam rumah terutama ditempat yang biasa untuk menyimpab makanan bauk manis maupun amis.

Begitu juga binatang peliharaan yang biasa diternak, seperti ayam, unggas, burung dan binatang ternak lainya juga dapat terganggu oleh keberadaan semut didalam kandangnya.

Tidak sedikit ditemukan kasus anak unggas yang baru lahir dapat mati akibat diserang semut hitam maupun merah. Sehingga perlu dilakukan beberapa langkah untuk mengusir atau membasmi semut.

Berikut beberapa cara yang dapat dipilih untuk diterapkan dalam usaha membasmi dab mengusir semut:

Air jeruk nipis. Semprotkan air perasan jeruk nipis di sekitar kandang atau sekitar tempat menaruh kandang hamster. Bau asam jeruk nipis akan mengacaukan bau makanan hamster yang ditangkap semut.

Kayumanis.  Manfaat kayumanis juga bisa dirasakan burung paruh bengkok. Kayumanis yang masih berujud batangan bisa digunakan sebagai mainan sekaligus makanan untuk parrot. Bahkan serbuknya jika ditaburkan ke dasar kandang bisa menimbulkan aroma wangi dan mengusir semut. Khasiat lain dari kayumanis adalah memiliki efek antibakteri yang ringan, yang penggunaannya bisa ditaburkan pada makanan segar dalam cuaca panas untuk mencegah pertumbuhan bakteri patogen pada makanan burung.

Kayu manis. Taburkan bubuk kayu manis di sekitar kandang hamster atau yang menjadi jalan masuk semut ke dalam kandang. Penggunaan bubuk kayu manis untuk menghalau semut terbukti efektif, selain itu juga mudah dibersihkan.

Peppermint. Minyak esensial peppermint juga dapat mengusir semut. Jika Anda susah mendapatkan minyak esensial peppermint, Anda dapat menggunakan sabun cair beraroma mint. Campur dengan air dengan perbandingan yang sama dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada kerumunan semut di sekitar kandang Hamster.

Boraks, air dan gula. Campurlah boraks, air dan gula hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pasta boraks tersebut di sekitar kandang hamster atau tempat yang biasa dilalui semut. Semut akan membawa bongkahan-bongkahan pasta yang dikira gula tersebut ke dalam sarangnya tanpa mengetahui pasta tersebut mengandung racun boraks.

Air mendidih dan sabun cuci piring. Membasmi koloni semut dengan menyiram air panas merupakan cara yang lebih alami dan aman daripada penggunaan insektisida. Atau Anda juga dapat menggunakan botol semprot berisi air yang bercampur sabun cuci piring dan semprotkan pada kerumunan semut.

Baking soda dan gula halus. Semut selalu menyertai dirinya dengan zat asam untuk perlindungan. Buatlah campuran baking soda dan gula halus dan letakkan disekitar kandang hamster. Rasa asam pada baking soda akan mengecoh semut, sehingga semut tidak akan meneruskan pencarian gula di rumah Anda.

Ampas kopi. Taburkan ampas kopi di sekitar kandang hamster yang menjadi jalan masuk semut ke kandang hamster Anda.

Tepung jagung. Taburkan tepung jagung di sarang semut di halaman rumah Anda dan semut akan segera meninggalkan sarangnya.

Cuka. Tuangkan cuka di atas sarang semut dan semut tidak akan pernah kembali lagi ke sarangnya.

Double tape. Tips terakhir yang paling simpel dan mujarab adalah dengan memasang double tap di sekeliling bawah kandang. Sisi lengket double tape akan mejerat semut yang
berusaha mendekati kandang hamster.

Cengkeh. Gunakan cengkeh untuk melindungi burung kesayangan, simpan cengkeh secukupnya di dalam glodok atau ditempat kerumunan semut yaitu dengan menaburkan cengkeh di sekeliling tempat tersebut dan tempat yang sering untuk sarang semut ataupun tempat untuk berkeliaran semut. Dengan mencium bau cengkeh yang khas semut akan menghindar dan pergi.

Kulit telur ayam, Semut yang sering bersarang di sekita tanaman-tanaman rumah juga sangat menggangu. Untuk mengusirnya, anda dapat mengusirnya dengan cara menggunakan kulit telur ayam (bekas anda memasak). Lalu sangrailah hingga berwarna kehitaman. Kemudian tumbuklan kulit telur tadi hingga halus. Taburkan di tempat dimana semut-semut tersebut bersarang. Maka tak lama berselang, semut-semut tersebut akan pergi dari tanaman rumah anda.

Menggunakan cairan jeruk nipis ke area yang terkena semut. Seperti yang kita ketahui bahwa jeruk nipis mengandung asam yang bisa menghalangi gerak semut

Menanam beberapa jenis tanaman anti serangga. Simpan tanaman berikut ini di tempat biasa Anda menggantung burung atau menyimpan makanan. Tanaman tersebut adalah Lavender, Zodia dan Pohon Mint yang memiliki aroma yang tidak disukai serangga. Bahkan bukan hanya semut saja dengan adanya tanaman ini di sekitar rumah kita, burung kitapun akan lebih aman dari gangguan serangga beracun yang mungkin saja akan termakan oleh burung.

Taburkan bahan berikut di area yang sering dilewati semut. Di antaranya adalah: serbuk kayu manis, parutan kulit jeruk, bubuk cengkeh, soda kue dan kapur. Bisa juga dengan menaburkan bahan-bahan tersebut ke piringan mangkuk yang biasanya disediakan di atas gantungan dari sangkar burung atau di lemari penyimpanan makanan burung.

Menggunakan Sillica gell. Taruh sillica gell ini ditempat penyimpanan makanan yang lembab, atau bisa juga dimasukan kedalam pur bubuk tetapi hati hati jangan sampai bocor karena bisa fatal akibatnya. Belum pernah dicoba kalau ditaruh di dalam wadah kroto atau jangkrik yang paling sering diserang semut.

Semprot dengan FreshAves . FreshAves adalah anti kutu dan anti semut produk Om Kicau. FreshAves adalah serbuk antikutu dan parasit lainyang aman untuk burung tetapi manjur untuk membasmi berbagai jenis serangga (artropoda).

Sesuai namanya, FreshAves ditujukan untuk membuat burung fresh atau segar karena terbebas dari semua jenis serangga pengganggu seperti kutu burung, caplak, tungau, gurem, semutdan parasit pengganggu lainnya.

FreshAves mengandung permethrine danpiperonyl butoxide. Permethrine dikenal sebagai pestisida aman yang sudah diujikan untuk penyemprotan nyamuk demam berdarah di berbagai wilayah di Indonesia. Berdasar ujicoba tersebut, permethrine terbukti mempunyai aktivitas insektisidal yang sangat tinggi baik untuk lalat, nyamuk, kutu dan insekta pengganggu yang lain, juga terhadap kecepatan kerja maupun efek residualnya. Dan yang lebih penting lagi, aman untuk hewan peliharaan dan manusia.

Sedangkan piperonyl butoxide merupakan sinergis dari permethrine, yakni berfungsi meningkatkan daya racun. Perlu diketahui, (zat) sinergis dalam insektisida bisa jadi tidak beracun tetapi bisa meningkatkan daya bunuh terhadap obyek. Contoh sinergis ini, selain piperonyl butoxide adalah sesamin(minyak yang berasal dari biji wijen).

Dengan kandungan seperti itu, FreshAvessangat tepat untuk digunakan sebagai pembasmi semut dan segala parasit pengganggu burung.

Jaga kebersihan . Jaga kebersihan tempat makanan burung dan sangkarnya karena tempat penyimpanan makanan yang tidak bersih atau dengan bekas makanannya yang berserakan malah akan mengundang semut.

Menggunakan Daun Sirih. Daun sirih juga dapat dipakai sebagai alat pengusir semut alami. Remas-remas atau gosok-gosok daun sirih dan letakkan di tempat semut berkerumun.

Daun Pandan. Aroma wangi daun pandan dipercaya dapat mengusir semut

Tembakau. Jika susah cari tembakau bisa bongkar tembakau yang ada dirokok, cukup taburkan saja

Daun bambu. Sarang burung yang dibuat dengan daun bambu di percaya sebagai pengusir semut

Merica Biji, Dengan menaburkan merica biji yang ditumbuk. Pedas merica membuat semutkalang kabut, karena semut benci aroma dari merica tersebut. Saran saya jangan menggunakan bubuk merica yang ada di pasaran, karena sudah ditambahi bahan lain, jadi bisa kurang efektif untuk mengusir semut.

Air panas, Air panas juga dapat digunakan sebagai pengusir semut. Tuangkan air panas di dekat sarang dan biarkan mengalir ke sekitarnya dan membunuh semut yang bersentuhan dengan air ini.

Boric acid. Untuk semut di luar rumah, anda dapat mencampur gula halus dan boric acid (cari di toko bahan kimia). Taburkan campuran ini ke sekitar sarang semut, atau di tempat semut berkumpul. Semut akan mengusung makanan ini ke sarangnya dan akan meracuni sekelompok semut yang ada di sarangnya. anda dapat juga menaburkan boric acid di sekitar tempat gula atau kecap.

Cuka. Semut tak menyukai bau cuka. Campurkan cuka dan air lalu semprotkan di sekitar tempat yang banyak semutnya. Cara ini mampu mengusir semut untuk sementara waktu.

Cara Mengusir Kecoa, Nyamuk, Semut dan Tikus Tanpa Bahan Kimia

Mengusir kecoa, nyamuk, semut dan tikus bisa dilakukan tanpa harus menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya. Kita bisa mengusir binatang-binatang pengganggu tersebut menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam sehingga tetap aman untuk lingkungan sekitar.

KECOAK. Gunakan merica butir & tumbuk halus, taruh merica di kain kasa & ikat dengan karet gelang. Letakkan di tempat 2x yang banyak kecoaknya, di jamin kecoaknya kapok.

NYAMUK. Gunakan minyak serai. Sekarang di jual seperti minyak kayu putih. Bisa di teteskan ke air untuk ngepel lantai & bau wangi serai akan mengusir nyamuk & tidak berani datang lagi, kalau dilakukan secara teratur. Atau bisa di teteskan pada bantal & guling, nyamuk lari, nggak berani dekat, tidur di jamin nyenyak.

SEMUT. Gunakan air perasan jeruk nipis & celupkan di kain lap. Bersihkan di daerah 2x yang sering di lewati/jalur semut, semutnya kabur karena tidak suka asam .

TIKUS. Gunakan buah mengkudu yang sudah masak, potong & taruh di piring 2x kecil, letakkan di sudut 2x tempat tikus sering lewat; bau mengkudu akan membuat tikus ogah masuk. (Potong mengkudu gunakan sarung tangan karena getahnya bisa membuat tangan gatal)

Tips Cara Alami Mengusir Tikus

Tikus adalah binatang pengerat yang selain sering mengganggu dan merusak tanaman juga sering mencuri makanan di dapur. Selain itu, tikus ini juga adlaah salah satu hewan pembawa penyakit.

Mengusir tikus bisa dilakukan dengan beberapa cara, dan berikut ini adalah beberapa tips cara alami untuk mengusir tikus:

Kucing. Peliharalah kucing (Felis sp) di rumah, niscaya rumah anda aman dari tikus. Kucing merupakan musuh alami dari tikus.

Jangkrik .Carilah jangkrik (Gryllus assimilis) yang biasa buat aduan yang bisa mengerik. Letakkan jangkrik di tempat yang biasa dilalui tikus seperti di kamar atau di dapur. Pastilah tikus-tikus tidak berani menghampirinya. Tikus tidak betah dengan keramaian.

Ular. Ular juga adalah musuh alami dari tikus. Di tempat dimana ada ular, di situ tikus tidak akan hidup. Tetapi tentu cara ini tidak dianjurkan untuk semua orang.

Buah Mengkudu. Persiapkan dua atau tiga buah mengkudu (Morinda citrifolia L). Potonglah mengkudu tersebut menjadi beberapa bagian. Letakkan mengkudu tersebut dalam wadah berisi potongan mengkudu di tempat yang sering dilalui tikus. Nah, bau yang menyengat dari buah mengkudu akan membuat tikus pergi dari rumah.

Buah Durian. Persiapkan dua atau tiga buah durian (Durio zibethinus). Potonglah durian menjadi beberapa potong. Bagian ini yang enak, makanlah isinya. Kemudian, letakkan potongan kulit durian tersebut di tempat yang sering dilalui tikus. Nah, bau yang menyengat dan kulit yang berduri dari durian akan membuat tikus pergi dari rumah.

Kapur Barus (Kamper). Hancurkan secara kasar saja beberapa buah kapur barus (Dryobalanops aromatica) kemudian sebarkan di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus. Cara ini cukup efektif dan murah meriah. Tikus pergi, rumah Anda pun wangi.

Minyak Mint. Oleskan minyak yang berasal dari daun mint (Mentha codifolia) pada selembar karton dan letakkan di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Tikus tidak akan datang lagi ke tempat itu karena tikus tidak suka bau mint.

Semoga informasi tentang tips cara alami untuk mengusir tikus diatas bisa bermanfaat.

Berikut ini ada beberapa tips dan cara yang tidak terlalu susah untuk bisa menghalau kawanan semut nakal yang berkeliaran dirumah kita.

Menaburkan bubuk vanilla disekitar tempat kita menyimpan makanan dan minuman.Membuat campuran antara setengah gelas sirup, 2 sendok makan ragi kering dan 2 sedok makan gula pasir kemudian setelah jadi campuran tersebut diolekan kepada selembar kertas atau karton lalu letakan diarea tempat sering munculnya semut.

Taburan bubuk kayu manis disekitar tempat yang suka dilalui oleh semut bisa menghalau semut.

Buat cairan semprot yang berasal dari perasan air jeruk nipis kemudian pakai kedaerah yang banyak semutnya.

Bisa juga mengunakan cairan sabun pencuci piring caranya tinggal semprotkan saja kedaerah yang ada semut berkumpul.

Membuat adonan dari boraks, gula dan air sehingga membentuk gel atau pasta, setelah jadi kita bisa mengoleskan kebeberapa tempat yang selalu menjadi jalan bagi semut. Campuran baking soda dan gula halus bisa digunakan juga untuk mengusir semut.

Cara mudah lainya dengan menaburkan sisa ampas kopi yang kita minum ketempat-tempat semut beraktifitas. Semut akan segera bermigrasi jika kita menaburkan tepung jagung disarang mereka.

Cairan cuka pun sama cukup ampuh untuk mengusir semuan caranya dengan menuangkan ke sarang semut.Daun sirih ternyata bisa juga untuk mengusir semut, cukup remas beberapa daun sirih kemudian simpan ditempat gerombolan semut.

Cara sadis mengusir semut bisa juga memakai air panas yang disiramkan kesarang semut tersebut.Taburan bubuk cengkeh bisa menghalau pasukan semut yang senang dengan makanan atau minuman manis kita.

Goreng tanpa minyak kulit telur ayam hingga gosong lalu tumbuk menjadi halus dan taburkan kearea tempat semut sering berkeliaran.

Dirilis dari berbagai sumber

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan