banner 728x90

Usulan Gaji Naik PDAM Dibatalkan, Pendopo Magetan Tetap Didemo? Ternyata Ini Tuntutanya

Jawa Timur, Magetan, Mearindo.com

Sejumlah aktifis menggelar aksi unjuk rasa di Depan Pendopo Kabupaten Magetan pada Senin, 26 Desember 2022. Dengan membawa sound pengeras suara, banner spanduk puluhan gabungan aktifis yang menamakan dirinya KALIS juga menyerahkan karangan bunga yang ditujukan kepada Bupati Magetan Suprawoto. (27/12/2022).

Karangan bunga yang sebelumnya diarak keliling kota Magetan untuk diserahkan kepada Bupati Magetan bertiskan “Terima Kasih Bupati Magetan Selaku KPM PDAM Tirta Lawu Magetan Yang Telah Mendengarkan Aspirasi Masyarakat Dengan Membatalkan Rencana Kenaikan Gaji di PDAM. Namun Kami  Minta Bukti Secara Tertulis”.

Demikian tulisan itu menurut Tom salah satu peserta aksi dimaksudkan agar Bupati nanti tidak ingkar janji. Aksi sendiri dilakukan atas buntut kegaduhan yang terjadi di tubuh PDAM Magetan terkait ketidak harmonisan antara jajaran direksi, dewan pengawas dan karyawan PDAM Magetan. Hingga sempat terjadinya usulan kenaikan gaji yang justru mendapat perlawanan dari pihak karyawan sendiri.

Menurut Gunadi Ketua LPK Nusantara mengatakan, “Aksi isu gaji di PDAM hanyalah pintu masuk gerakan kami untuk menyampaikan dugaan pelanggaran pelanggaran ditubuh PDAM. Oleh sebab itu dihadapan DPRD kami menuntut dibentuknya Pansus terkait PDAM.” kata Gunadi.

Koalisi Aktifis Lintas Sektoral atau yang disebut KALIS yang turut dalam aksi demo PDAM Magetan kali ini terdiri dari beberapa organisasi masyarakat diantaranya : Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara (LPKN), Lembaga Perlindungan Konsumen Patriot (LPKP), L. E SWASTIKA, Magetan Centre Police Watch, Paguyuban Pelanggan PDAM dan Listrik, Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI MGT), Jaringan Komunikasi Nasional (Jarkomnas Magetan), Ormas Orang Indonesia Bersatu.

TUNTUTAN KOALISI AKTIFIS LINTAS SEKTORAL
Magetan, 26 Desember 2022

  1. GANTI JAJARAN DIREKSI SEBAGAI TANGGUNG JAWAB ATAS KEBANGKRUTAN PDAM SEBAGAIMANA DIUNGKAP DEWAS PDAM DAN MENIMBULKAN KEGADUHAN DITUBUH PDAM
  2. DPRD DIMINTA SEGERA BANTUK PANSUS PENYELAMATAN/ PENELUSURAN ASET KEKAYAAN PDAM MAGETAN SECARA TRANSPARAN TANPA REKAYASA MELALUI TIM AUDIT DAN DILAPORKAN KEPADA MASYARAKAT.
  3. JANGAN LINDUNGI OKNUM2 DI PDAM YANG MELANGGAR / MERUGIKAN PDAM DAN TERINDIKASI KORUPSI KOLUSI NEPOTISME
  4. BUBARKAN DAN GANTI DEWAS YANG DINILAI TIDAK BEKERJA DENGAN BAIK SEHINGGA MEMBIARKAN PDAM TERPURUK
  5. PDAM! BERANILAH TRANSPARANSI JIKA TIDAK ADA KORUPSI!!!
  6. SELAMATKAN ASET PDAM SEBAGAI KEKAYAAN RAKYAT MAGETAN DAN BERIKAN HAK HAK PENGHARGAAN KARYAWAN SECARA PROFESIONAL PROFORSIONAL
  7. HILANGKAN MONOPOLI KEKUASAAN DENGAN PROFESIONAL, PROFORSIONAL TANPA RANGKAP JABATAN

Dalam orasinya Sifaul Anam mengingatkan tentang peringatan Allah terhadap orang yang berbuat dzolim kepada orang lain dan

doa yang dipanjatkan oleh Nabi Muhammad SAW terhadap para pemimpin yang dzolim :

وَمَنْ يَظْلِمْ مِنْكُمْ نُذِقْهُ عَذَابًا كَبِيرًا

“Barangsiapa di antara kamu yang berbuat zalim, niscaya kami rasakan kepadanya azab yang besar.” Al-Furqan -19

 اللَّهُمَّ، مَن وَلِيَ مِن أَمْرِ أُمَّتي شيئًا فَشَقَّ عليهم، فَاشْقُقْ عليه، وَمَن وَلِيَ مِن أَمْرِ أُمَّتي شيئًا فَرَفَقَ بهِمْ، فَارْفُقْ ب

“Ya Allah, siapa yang menjabat suatu jabatan dalam pemerintahan ummatku lalu dia mempersulit  urusan mereka, maka persulitlah dia. Dan siapa yang menjabat suatu jabatan dalam pemerintahan ummatku lalu dia berusaha menolong mereka, maka tolong pulalah dia”. (HR Ahmad dan Muslim dari Aisyah).

Setelah didepan pendopo kabupaten Magetan ini dilakukan setelah para pendemo melakukan aksi di depan DPRD Magetan dan diterima oleh ketua DPRD beserta anggota lainya dengan disetujuinya usulan pembentukan Pansus terkait PDAM Magetan. Menurut Suyoni Wiling dari fraksi PDIP menyampaikan usulan tersebut juga akan disampaikan dalam sidang paripurna DPRD Magetan yang akan datang.

Sselesai melakukan orasi dan disambut oleh Bupati Magetan kemudian masa aksi melanjutkan orasi didepan kantor PDAM Magetan. Aksi ini mendapatkan pengawalan lengkap dari aparat kepolisian Polres Magetan dan Satuan Polisi Pamong Praja (G. T)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan