banner 728x90

Was Was Moralitas Anak Di Era Milenial? Waspadailah Dampak Tekhnologi Ini

Kewaspadaan Dini dan Cegah Dini Generasi Milenial di Zaman Now

Jawatimur – Magetan – Mearindo – Generasi milenial menjadi peranan penting dalam keberlangsungan berbangsa dan bernegara yang memiliki semangat dan produktivitas tinggi serta memiliki relasi yang baik melalui sosial media. Namun karena hidup di era serba otomatis, cenderung menginginkan sesuatu yang serba instan dan sangat mudah dipengaruhi oleh trend dan budaya luar.

Agung Dwi Prabowo, S.Psi, M.Si yang saat ini menjabat Kasi Pendidikan SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Ponorogo – Magetan mengungkapkan, remaja jaman now (GEN Z) Generasi Z adalah generasi yang lahir dalam rentang waktu tahun 1996 – 2012. Generasi peralihan dari generasi milenial (1981 – 1995) dengan teknologi yang semakin berkembang. Disebut juga generasi internet, sama dengan generasi milenial, tapi lebih mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu, seperti nge-tweet dan browsing dari ponsel.

“Apalagi sejak kecil sudah mengenal teknologi dan akrab dengan gadget yang canggih, tanpa disadari secara langsung berpengaruh pada kepribadian remaja,” Kata Agung pada Mearindo.com, Kamis (9/12/2021)

Oleh sebab itu, lanjut Agung, “untuk remaja apalagi masih pelajar, gunakan medsos sewajarnya, utamakan giat belajar, mematuhi semua peraturan dan tata tertib sekolah dengan kesadaran diri dan ikhlas, rajin beribadah dan berdoa baik di sekolah, di rumah, maupun dilingkungan masyarakat serta ikuti ekstrakulikuler yang bermanfaat agar menjadi siswa yang baik dan berprestasi,”

Ditanya terkait tips penanganan kenakalan remaja, Agung menjelaskan, ada beberapa cara untuk menangani hal tersebut, di antaranya, “menanamkan norma agama dan sosial, memberi arahan mengenai bahaya pergaulan bebas, menjalin komunikasi efektif dengan anak, tidak bersikap keras tetapi tegas, mendukung hobi positif anak, mengawasi pergaulan anak tanpa mengendalikannya serta menguatkan karakter positif anak.” tutupnya

Terpisah, Dandun Widya Kusuma, S.STP, MM (Kabid Wasnas Bakesbangpol Magetan) menegaskan, perubahan gaya hidup pelajar dan generasi milenial saat ini dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi, komunikasi, sosial media. Dimana generasi muda sangatlah mudah dan cepat mendapatkan akses informasi apapun dari manapun dan kapanpun.

“Fenomena pergaulan bebas, gaya hidup glamour serta gemerlapnya dunia hiburan, membuat para generasi muda terlena. Ini menjadi tantangan berat bagi agen perubahan dan kader penerus bangsa untuk melakukan inovasi agar generasi selanjutnya dapat terselamatkan,” sambungnya

“Untuk membatasi diri dari pengikisan jati diri bangsa akibat pesatnya perkembangan teknologi dan upaya – upaya memecah belah bangsa, maka langkah – langkah yang dilakukan dengan cara meningkatkan iman untuk membentuk ketaqwaan pada diri pelajar dan generasi muda, menanamkan pendidikan dan membangkitkan Pancasila sebagai pedoman serta landasan bagi generasi muda, menumbuhkan semangat nasionalisme, mencintai produk dalam negeri serta selektif dan cerdas dalam menerima informasi di era digital saat ini.” tutupnya (G.Tik)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan