banner 728x90

Warga Dukuh Jajar Desa Belotan Gelar Upacara Adat Bersih Desa 2020


Jawa Timur – Magetan, Menjelang 9 Mukharrom atau lebih dikenal dalam bulan Jawa sebagai bulan SURO, diberbagai tempat tanah adat masyarakatnya menggelar tradisi Bersih Desa. Yakni berupa kegiatan masyarakat berkumpul disatu tempat yang memiliki historis sejarah cikal bakal berdirinya wilayah tersebut dengan melakukan Doa bersama untuk keselamatan ketentraman.

Seperti halnya yang dilakukan warga Desa Belotan, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan tepatnya Dukuh Jajar, Jum’at, 28 Agustus 2020 pukul 13.00 Wib ratusan masyarakat melakukan upacara adat Bersih Desa dengan melakukan doa bersama dan sedekah bumi. (28/8/2020).

Kegiatan tersebut selain dihadiri kepala Desa Belotan, perangkat Desa Belotan, Tokoh adat danTokoh pemuda tokoh masyarakat juga dihadiri dari warga masyarakat dari luar Desa Belotan.

Kegiatan yang diadakan dalam masa pandemi covid 19 tersebut juga diterapkan dengan menggunakan protokol kesehatan covid 19. Drs. Sukadi, Kepala Desa Belotan sebelumnya sudah melakukan himbauan kepada masyarakat yang akan menghadiri kegiatan adat Bersih Desa untuk patuh pada Peraturan yang dikeluarkan dimasa pandemi corona dengan mengenakan masker dan memakai hand Sanitazer dna menyediakan air cuci tangan.


“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutinan yang dilakukan warga masyarakat pada setiap bulan SURO sebagai wujud rasa syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa dan untuk menjalin silaturahmi kepada warga masyarakat Desa Belotan supaya diberikan kesehatan, keselamatan, kedamaian dan ketentraman masyarakat, supaya terhindar dari Covid-19”, terang Sukadi.

Upacara Adat Bersih Desa Belotan DUKUH Jajar juga diisi hiburan seni tradisional Tayub Palipur Karawitan Jajar Laras. Antusias warga masyarakat Desa Belotan dalam melaksanakan kegiatan bersih desa pun masih sangat kental, meskipun situasi New Normal akan tetapi tidak menghalangi warga untuk melihat kesenian Tayub yang ditampilkan pada hari tersebut. Terbukti dengan warga masyarakat yang sangat senang melihat dan ikut menari pada gelaran Kesenian Gambyong. (Lana/Ary)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan