banner 728x90

Taman Vertikal Garden Jembatan Gandong Satu Terkesan Kumuh

Taman vertical garden di jembatan kali gadong satu banyak yang hilang, mati dan tak terurus Ngo Swastika menanyakan sampai dimana tanggungjawab dinas terkait

Magetan – Taman Vertikal Garden di Jembatan Kali Gandong satu tempatnya pusat kota menuju Alun-alun, Pendopo Surya Graha dan Kantor Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Magetan yang dianggarkan APBD Tahun 2016 yang lalu dengan biaya sekitar Rp. 200 juta, banyak yang pada mati dan yang hilang bisa diambil para pengguna jalan atau memang juga terjatuh saat penyemprotan pada pagi hari yang dilakukan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

Taman Vertikal Garden tidak semudah seperti kita membuat taman pada umumnya, sedikit memerlukan keahlian dan ketelatenan agar tamaman bisa tercipta dengan sempurna, pada dasarnya taman vertical garden atau tanamn herisontal memiliki fungsi yang sama, yakni agar tanaman terasa sejuk dan segar saat dilalui, serta merupakan hiasan yang terlihat indah dan cantik saat dipandang.

Pantauan Mearindo.com di lokasi taman vertical garden Jembatan kali Gandong saat sekarang kondisinya sangat memeperhatinkan, hampir sebagian besar tanaman tersebut ada yang mongering dan mati serta sebagian besar di sebelah barat maupun timur pada bolong dan bahkan pada hilang seperti tidak terawatt, padahal pembuatan taman tersebut telah merogoh kocek APBD Tahun Anggaran 2016 sebesar Kurang lebih sebesar Rp. 200 juta.

Data yang dihimpun Mearindo.com mengenai keberadaan Taman Vertikal Jembatan Gandong satu, menurut pemerhati Lingkungan Hidup Ngo Swastika Rudi Setiawan sangat menyayangkan dalam pembuatan taman tersebut terkesan asal-asalan karena tidak menggunakan system irigasi yang benar dan mana tanggungjawabnya dalam perawatan selama ini, jujur kami sangat kecewa dalam hal ini.

“Seharusnya dengan anggaran sebesar Rp. 200 juta itu sudah termasuk jaringan irigasi yang permanen tidak menggunakan penyemprotan secara manual karena selang yang digunakan sangat besar, bisa dikatakan media dipot tergores dengan derasnya semprotan dari tangki yang menyirami taman vertical itu,”ucap Gosong nama akrab Rudi Setiawan, Rabu (5/7/2017).

Taman Vertikal Garden yang berada di Jembatan Kali Gandong saat sekarang pada mati, kering dan bolong, ini terkesan tidak terurus justru saat di pandang bukanya indah malah terkesan kumuh karena tak terurus.

 “Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Ir. Purnomo, MM. mengatakan untuk Taman Vertikal Garden jembatan Kali Gandong satu dalam waktu dekat ini atara satu dua harini ini akan kami sulami, maklum mas kami dinas baru belum mempunyai anggaran untuk melakukan perawatan secara intensif, ini kami berusaha mengembang biakkan dibelakang kantor kelihatannya sudah bisa digunakan biar, buat nyulami, dan setiap hari, kami sirami dari jam setengah lima pagi,”terangnya.

Lanjutnya, kami akan segera lakukan pembenahan agar kedepannya tidak ada permasalahan lagi karena kabid yang sekarang pindahan dari Dinas Pertanian setidaknya masalah tanam menanam tidak jauh beda makanya kami sangat antusias kedepan dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman akan menyulap seluruh Taman yang ada di kota menjadi lebih indah. (Glih)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan