banner 728x90

1 Juni 1945 Hari Lahirnya Pancasila, Saya Indonesia, Saya Pancasila

Dengan adanya Keputusan Presiden No. 24 Tahun 2016 tentang di tetapkannya tanggal 1 Juni merupakan hari Lahirnya Pancasila diharapkan dapat mulai digunakan di berbagai Jejaring Sosial sehingga dapat memaksimalkan program Pekan Pancasila ini.

 Mearindo-Magetan-Jatim

Bupati Magetan DR. Drs. Sumantri, MM melalui Kapala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Magetan Saif Muchklisun mengatakan, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 telah menetapkan bahwa tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya sebagai hari libur Nasional di setiap tahun diperingati

“1 Juni walaupun libur Pemkab.

Magetan melaksanakan Upacara untuk memperingati hari lahirnya Pancasila diseluruh Lingkup Lingkungan Pemkab Magetan, SKPD, Kecamatan, Seluruh sekolahan Perguruan Tinggi, SLTA, SLTP, dan SD untuk mengadakan upacara ini hukumnya wajib,”terang Muchklis, Rabu (31/5/2017)

Tujuannya mengadakan Upacara dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasil di semua kalangan dalam hal ini untuk menanamkan rasa cita, rasa eling, rasa bangga, rasa rendah hati terhadap Pancasila karena saat sekarang kecintaan terhadap Pancasila sudah mulai memudar oleh karenanya pemerintah kabupaten Magetan mengingatkan untuk kita menghargai betapa pentingnya Pancasila di Negara Republik Indonesia ini.

“Satu tahun semenjak Keppres tersebut dikeluarkan, Pemerintah pada tahun 2017 ini akan memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila dengan lebih semarak dengan berbagai kegiatan yang terangkum dalam Pekan Pancasila yang akan diselenggarakan sejak tanggal 29 Mei sampai dengan 4 Juni 2017,” kata Muchklis.

Adapun Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017 adalah Saya Indonesia, Saya Pancasila.

Lanjut Muchklis,Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah dalam Pekan Pancasila ini, pemerintah akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengkampanyekan program terebut. Kerja sama tersebut antara lain berupa penayangan iklan layanan masyarakat di stasiun-stasiun televisi, Bioskup, program Talkshow dan musik di berbagai stasiun radio, penerbitan dan pendistribusian buku, serta program lainnya.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2017 dipusatkan di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jl. Pejambon, Jakarta Pusat. Presiden Joko Widodo akan menjadi Inspektur Upacara, ,”ujurnya.

Selain itu, penyelengaraan Upacara Bendera juga dilaksanakan di setiap kantor instansi pemerintah baik pusat, daerah, maupun kantor perwakilan Indonesia di luar negeri.

“Adapun tujuan dari penyelenggaraan Pekan Pancasila ini adalah untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila, sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,”pungkas Muchklis. (Lak)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan