banner 728x90

Kenalkan Kampung Perikanan Cerdas Desa Sumberdodol, Disnakan Magetan Gelar Bazar Ikan dan Kontes Ikan Guppy

Kenalkan Kampung Perikanan Cerdas Desa Sumberdodol, Disnakan Magetan Gelar Bazar Ikan dan Kontes Ikan Guppy

Jawa Timur – Magetan, Mearindo.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDM) mengembangkan SMART Fisheries Village (SFV) atau Desa Perikanan Cerdas di Desa Sumberdodol, Kecamatan Panekan, Sabtu (25/11/2023).
“Ini merupakan tahap awal, kegiatan ini kita lakukan tahun 2024 dengan membangun balai latihan yang nantinya sebagai interaksi antara pelaku pembudidaya dengan penyuluh dan akan kami lengkapi semua informasi terkait ikan koi dan program prioritas dari KKP,” ujar I Nyoman Radiarta, Kepala BPPSDM Kementerian Kelautan dan Perikanan, Sabtu (25/11/2023) disela acara Smart Fisheries Village Fun Run.
Menurut Nyoman, pembangunan kampung perikanan cerdas ini dengan mengadopsi komoditas yang ada di desa tersebut. Seperti contohnya di Sumberdodol yang berkembang adalah ikan koi,
“Sumberdodol nanti kita sebut dengan kampung ikan koi, dan nanti akan kita lengkapi dengan digitalisasi sistem,” ungkapnya.
Nyoman berharap, kedepan Desa Sumberdodol bisa menjadi lokasi bagi pendidikan, pelatihan masyarakat yang juga tentunya bisa bermanfaat sebagai ekowisata perkampungan dengan semua variasi ikan koi yang ada dan menjadi sentra bisnis ikan koi,
“Semua itu merupakan model yang kita kembangkan dibawah BPPSDM yang merupakan konsep pengembangan budidaya secara berkelanjutan dan merupakan konsep blue ekonomi dari lima program prioritas yang dicanangkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan,” tutupnya.
Sementara, Pj Bupati Magetan, Hergunadi mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan yang telah menjadikan Desa Sumberdodol sebagai Kampung Cerdas Perikanan,
“Atas nama Pemkab Magetan saya ucapkan terimakasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan karna telah menjadikan Sumberdodol ini sebagai kampung cerdas perikanan,” ungkapnya.
“Kita punya banyak sumber air, sehingga ini bisa menjadi contoh untuk desa – desa yang lain di Magetan untuk mengembangkan potensi yang ada dengan harapan sdm meningkat, pariwisata bisa meningkat sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya.
Ditempat yang sama, drh. Nur Haryani, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan mengatakan, dari Pemkab sendiri sangat mendukung kegiatan Smart Fisheries Village tersebut. Dengan harapan, kedepan bisa menjadi wisata edukasi yang konsepnya terintregasi antara perikanan, peternakan dan pertanian,
“Kedepan, edukasi ini bisa lengkap untuk menggerakkan sebagai pengungkit potensi – potensi lain yang intinya untuk kesejahteraan masyarakat dan ini terus berkesinambungan,” ungkapnya.
Di kegiatan Smart Fisheries Village Fun Run yang di gelar di Desa Sumberdodol ini, Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan juga mensupport kegiatan gelar produk pelaku usaha perikanan seperti bursa ikan koi, bursa ikan hias, bursa produk olahan hingga kontes ikan guppy lokal se Karesidenan. (Adv/G.Tik)
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan