banner 728x90

Pemugaran Cagar Budaya Sendang Kamal Diresmikan Bupati Magetan

Jatim – Magetan-Mearindo-Magetan salah satu daerah yang memiliki peninggalan-peninggalan cagar budaya yang dimana massa keraja’an-keraja’an dulu yang paling kaya, salah satunya Sendang Kamal Kecamatan Maospati yang baru saja diresmikan pembangunan tahap awal oleh Kelurahan Kraton Rabu 23/12/2020 .

Hadir dalam acara tersebut , Bupati Magetan Dr.Drs. Suprawoto SH, M.Si, Kepala Dinas Pariwisata Magetan Joko Trihono, Komandan Koramil 06/ Maospati, Kapten Inf Suryo Margono, Kapolsek Maospati AKP Sujarwanto SH, Camat Maospati Khun Ikhwan Hidayat, Kepala kelurahan Kraton Ari Budi Astuti S.STP, SMi, Babinsa dan Babinkamtibmas kelurahan Kraton, Pok PKK Kelurahan Kraton,

Dari Lurah Kraton Ari Budi Astuti S.STP, SMi mengatakan “Pembangunan ini guna menciptakan sinergitas untuk membangun dan mengembangkan potensi lokal yang ada, untuk ditempatkan menjadi sesuatu yang memiliki nilai dan memberi kemanfaatan bagi masyarakat sekitar, salah satunya adalah melakukan refitalisasi lingkungan Sendang Kamal,

Disisi lain pembangunan Taman Sendang Kamal ini bertujuan untuk mengembangkan destinasi wisata bernuansa sejarah yang dikemas dengan kearifan lokal kekinian yang ditunjang dengan sarana, prasarana yang representatif sehingga diharapkan Sendang Kamal lebih dikenal luas dan bahkan kedepan bisa menjadi salah satu icon kebangga’an Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan,

Menjadi kuda penarik sebagai langkah awal yang bertujuan untuk merangsang pembangunan ekonomi lokal, khususnya masyarakat Sendang Kamal dengan meningkatkan kapasitas masyarakat untuk mengelola potensi pariwisata dan meningkatkan pendapatan melalui pengenalan kegiatan reaktif dan produktif di sektor pariwisata” kata Ari Budi Astuti.

Selain itu ia juga menyebutkan anggaran pembangunan tahap awal ini di ambil dari APBD/Kelurahan, “Anggaran pembangunan tahap awal diambil dari dana APBD/Kelurahan meskipun dengan anggaran yang terbatas tetapi tidak menggoyahkan langkah kami untuk memulai langkah awal yang akan diresmikan oleh Bupati Magetan” ujar Ari Budi Astuti.

Selain itu juga ia menambahkan harapanya untuk langkah selanjutnya “Tahun depan kami mendapat alokasi dana PIK melalui Dinas Pariwisata Dan Kebuya’an Magetan untuk meneruskan pembagunan Sendang Kamal ini,

Jadi untuk Tahun 2021 nanti akan ada pembangunan tahap selanjutnya dan kemungkinan ini nanti juga belum sempurna 100% dan kami mohon dihadapan Bupati dan Kepala Dinas agar tetap di anggarkan di Tahun 2022 untuk finishing pembangunan Sendang Kamal ini sehingga layak untuk menjadi destinasi wisata sejarah di Kabupaten Magetan”. harap Ari Budi Astuti.

Bupati Magetan Dr.Drs. Suprawoto SH, M.Si mengatakan “Kelestarian cagar budaya di Kelurahan Kraton ini merupakan sejarah yang sangat baik belum tentu di wilayah luar Maospati ada yang peninggalan seperti ini” ucapnya.

Bupati Magetan juga mengajak masyarakat untuk menjaga cagar budaya, “Melalui identifikasi kita semua mari cagar budaya Sendang Kamal ini mari kita jaga bersama sama” ajaknya.

Suprawoto juga mengingatkan “Dimasa pandemi ini mari kita selalu memperhatikan 3M Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak agar penyebaran covid 19 segera berakhir dan kita semua selalu memperhatikan protokol kesehatan” tutupnya. (G.tik/altec)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan