banner 728x90

KPU Magetan Kesulitan Tentukan Data Pemilih

Magetan – Mearindo.com, Sampai hari ini belum tuntasnya perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun kesulitan menentukan jumlah data pemilih untuk pemilihan kepala daerah setempat tahun 2018.
Komisioner KPU Magetan Divisi Perencanaan dan Data Nur Salam mengatakan e-KTP merupakan salah satu syarat bagi warga untuk menggunakan hak pilihnya pada pilkada serentak mendatang.
“Atau bagi warga yang belum memiliki e-KTP tapi sudah memegang surat keterangan pengganti e-KTP dari Dispendukcapil tetap bisa menggunakan hak pilihnya. Asalkan warga bersangkutan sudah melakukan perekaman data KTP-E,” ujar Salam kepada Pojok Kiri, Jumat (31/3/2017).
Salam menambahkan perkiraan jumlah daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) pada Pilkada Kabupaten Magetan 2018 mencapai 553.912 jiwa. Jumlah itu terdiri dari kurang lebih 4.588 pemilih pemula dan 549.324 pemilih di atas 17 tahun.
“Namun dipastikan belum semuanya sudah melakukan perekaman data untuk e-KTP di Kantor Dispendukcapil Kota Madiun,”kata dia.
Untuk itu, pihaknya akan intensif melakukan koordinasi dengan Dispendukcapil Kabupaten Magetan. Bahkan dalam setiap kegiatan sosialisasi yang digelarnya, KPU juga aktif melakukan ajakan ke masyarakat tentang perekaman e-KTP.
“Kami ikut terlibat ke tingkat RT/RW untuk mengajak warga melakukan perekaman data kependudukan mereka. Kami mendorong agar proses perekaman data kependudukan dilakukan oleh masyarakat karena sangat berkepentingan di dalam itu,”kata Salam.
Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Magetan Hermawan menyebutkan, dari 553.912 jiwa warga Kabupaten Magetan yang wajib e-KTP, baru sekitar 528.912 orang yang sudah melakukan perekaman.
“Sedangkan sebanyak 25.000 orang lainnya masih belum melakukan perekaman. Tapi, data itu masih dalam betuk Surat Keterangan dan ini masih dilakukan biar tidak mentah,”kata dia.

Ia mengaku dari 25.000 orang yang belum melakukan perekaman, setelah divalidasi ulang ada sekitar 3.000 data di antaranya merupakan data ganda. Yakni tercatat di dua daerah sehingga perlu dilakukan proses pembersihan. (lak)
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan