banner 728x90

Jaga Popularitas Batu Akik, Disperindag Magetan Gelar Pelatihan Kerajinan Batu

Magetan-Mearindo, Sukseskan program percepatan perkembangan ekonomi masyarakat Magetan dan untuk turut menjaga trend batu akik di Magetan, Dinas Perindustrian Dan Perdangan (Disperindag) Kabupaten Magetan menggelar pelatihan pembuatan batu akik, 11/12/15.
Pelatihan yang dijawalkan selama tiga hari dan berakhir tanggal 13 Desember 2015 ini diikuti oleh puluhan pemuda dari berbagai wilayah kecamatan yang tersebar di Kabupaten Magetan. Selama pelatihan para peserta mendapatkan materi pelatihan membuat akik, liontin dan berbagai seni batu.
Pelatihan pembuatan seni batu akik tersebut salah satu sebagai bentuk program Disperindag untuk menumbuh kembangkan kreatiritas masyarakat untuk berwirausaha, sehingga laju perekonomian dan perdagangan semakin meningkat di Kabupaten magetan.
Setiap peserta dibimbing langsung oleh pakar pengrajin batu akik Magetan. Sehingga diharapkan setelah selesai mengikuti pelatihan tersebut, setiap peserta mampu membuat karya seni batu akik dan membuka usaha mandiri sendi batu.
Sementara itu Rahmat Edy Kepala Disperindag Kabupaten magetan berharap program pelatihan ini diikuti dengan serius dan setiap peserta pelatihan benar benar memiliki semangat untuk berkarya, sehingga tren batu akik tidak hilang begitu saja.
“Pelatihan ini diharapkan setiap peserta menerima manfaat program dan menindak lanjuti dengan membuka usaha kerajinan batu akik dirumah masing-masing, sehingga menjadi peluang usaha dan turut melestarikan tren budaya akik,” harap Rahmat
Kekawatiran hilangnya popularitas batu akik ini juga dirasakan sebagian besar penjual batu akik di Magetan. Dengan diadakanya program pelatihan batu akik dirasakan sangat membantu untuk mempertahankan popularitas dan menumbuhkan minat masyarakat terhadap pelestarian batu mulia. (Glh.Ijm)
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan