banner 728x90

Ini Tujuan Operasi Gabungan Geledah Rutan Magetan

Rutan Magetan Gelar Operasi Penggeledahan Gabungan, Wujud Komitmen Rutan Magetan Bebas Dari Halinar

Jawa Timur – Magetan, mearindo.com
Dalam rangka mewujudkan komitmen pemberantasan pencegahan peredaran dan penyalahgunaan HP, pungli dan narkoba (Halinar), Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar Penandatangan Pakta Integritas dan operasi penggeledahan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bersama TNI dan Polri pada Kamis (23/02/2023).

Sebelumnya, pihak Rutan telah mengirimkan surat undangan untuk Kodim 0804 Magetan dan Polres Magetan terkait pelaksanaan operasi penggeledahan gabungan. Komandan Kodim 0804 Magetan, Dani Indrajaya dan Kasat Sabhara Polres Magetan, Tri Cahya hadir secara langsung membawa 10 orang personelnya masing-masing.

Kegiatan diawali dengan Apel Bersama sekaligus Penandatanganan Pakta Integritas oleh Karutan dan jajaran. Kemudian Karutan langsung mengamanatkan tujuan diadakannya Penandatangan Pakta Integritas dan Operasi Penggeledahan serta menekankan pentingnya sikap humanis dalam proses penggeledahan nantinya.

Selanjutnya Didi Rahmadi selaku Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan membagi seluruh personel ke dalam 2 tim. Setiap tim diarahkan menuju kamar hunian yang sudah disepakati sebelumnya. Tim 1 dibawah komandonya langsung sigap menuju blok barat (blok Tahanan). Sebanyak 9 kamar hunian yang menjadi target operasi digeledah dan diperiksa.

Di tempat terpisah, yakni blok timur (blok Narapidana), Kasubsi Pelayanan Tahanan Rudi Erwanto ditunjuk sebagai komandan tim 2. Tak tanggung – tanggung, 8 kamar hunian Blok Barat digeledah tanpa terkecuali. Meski begitu, seluruh proses kegiatan nampak berjalan dengan suasana yang santai dan humanis.

Di akhir Kegiatan, bersamaan dengan gelar hasil operasi, Eries mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh jajaran yang telah bekerja sama dalam menyukseskan kegiatan. “Ini merupakan kegiatan rutin kami sebagai pencegahan gangguan keamanan. Hal ini untuk mencegah penyalahgunaan handphone, narkoba, dan juga senjata tajam di dalam Rutan,” ujar Kepala Rutan Magetan. (HRM/Red)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan