banner 728x90

Rakor PK BPBD Jatim Fokus Penguatan Kesiapsiagaan Bencana

Jatim – Jember, Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim ikut hadir dalam Rapat Koordinasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan (Rakor PK) BPBD Jatim. Acara ini dilaksanakan pada Senin-Selasa, 21-22 Juni 2021 di Aston Hotel & Conference Center, Jalan Sentot Prawirodirjo No.88, Telengsah Kaliwates, Jember.

Empat orang utusan SRPB Jatim hadir dalam kegiatan tersebut. Mereka adalah Koordinator Bidang Kemitraan Aslichatul Insiyah dan Koordinator Bidang Sarana dan Prasarana Andreas Eko Muljanto,. Dua orang lainnya adalah perwakilan mitra SRPB Jatim, yaitu Alvian Alif Pujiono dari Inavor dan Pujo Hari Santoso dari Brandal Alas Jember.

“Rakor tersebut adalah agenda tahunan bidang PK BPBD Jatim yang dihadiri oleh 100 orang,” Aslichatul Insiyah, Kamis (24/6).

Hadir dalam kesempatan tersebut para kepala pelaksana (Kalaksa) ]dan perwakilan BPBD se-Jawa Timur, dunia usaha, pejabat pemerintahan daerah, akademisi, dan relawan.

Selama dua hari, para peserta diberi materi-materi penguatan dalam rangka kesiapsiagaan bencana dengan tema-tema terkait potensi gempa di Jatim. Hal ini menjadikan rakor kali ini padat dan bermutu.

Beberapa materi yang diberikan adalah Peran DPRD Provinsi Jawa Timur dalam Upaya Penanggulangan Bencana oleh Hari Putri Lestari, anggota Komisi E DPRD Jatim. Karakteristik Potensi Gempa Bumi Jawa Timur dari Tim ITS, sosialisasi Lomba Destana tahun 2021 Kabid PK BPBD Jatim Gatot Soebroto.

Esoknya, Tim ITS memberikan materi Karakteristik Potensi Tsunami Jawa Timur, Upaya Pengurangan Risiko Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Struktural, dan Upaya Pengurangan Risiko Bencana Gempa Bumi. Kemudian sosialisasi kegiatan pengukuran IKD tahun 2021 oleh PK BPBD Jatim dilanjutkan dengan penutupan.(Red)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan