banner 728x90

Prof. Samsul Ma’arif Harap SRPB Jatim Buat Rencana Contigency Bencana


Jawa Timur, Mearindo.com – Prof. DR. Samsul Ma’arif, MSi mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pertama, didalam Konggres II SRPB Jatim menekankan harapan untuk SRPB Jatim pasca Konggres yang digelar 29 Februari – 01 Maret 2020 untuk segera menyusun rencana Contigency secara khusus sesuai jenis ancaman kebencanaan.

Harapan itu disampaikan dihadapan
lebih 200 relawan dari perwakilan 150 organisasi dan komunitas relawan Kemanusiaan dan kebencanaan serta lembaga aktif dalam aksi kepedulian dan respon Se Jawa Timur bertempat di New Grand Park Hotel Surabaya.

Perencanaan Contigency Bencana menurut Profesor Samsul Ma’arif dirasa sangat penting untuk dibuat sebagai bentuk mendahulukan kesadaran pengurangan dan penanganan resiko acaman bencana yang dapat dihadapi sewaktu waktu masyarakat.

Sementara itu, Contigency merupakan Salah satu instrumen perencanaan untuk memastikan masa depan yang lebih baik dalam menghadapi berbagai risiko bencana adalah apa yang disebut perencanaan kontijensi (contingency planning).

“Perencanaan kontinjensi merupakan salah satu dari berbagai rencana yang digunakan dalam siklus manajemen risiko secara khusus. Seperti contoh untuk menghadapi ancaman bencana banjir, maka dibutuhkan Perencanaan kontinjensi Banjir, sehingga SRPB dapan merumuskan sebuah gagasan berupa model bentuk tahapan untuk pengurangan resiko bencana serta penanganan saat terjadi bencana banjir maupun Penanggulangan bencana banjir untuk dapat diaplikasikan kepada anak usia sejak dini sampai orang tua”, terang Profesor Samsul Ma’arif.

Acara Konggres 2 Jatim yang berlangsung selama dua hari tersebut sebelumnya diawali dengan penyampaian pertanggung jawaban pengurus SRPB Jatim periode sebelumnya, kemudian dilanjutkan dengan sidang pleno untuk membahas masalah statuta SRPB Jatim, sidang – Sidang komisi pembahasan rencana program kerja serta pemilihan koordinator SRPB Jatim untuk periode 2020-2023.

Sedangkan posisi koordinator yang saat ini dijabat oleh Dian Harmuningsih, ST. MM periode 2017-2020 berakhir pada Kongres II yang dilaksanakan hari ini.
Baca : Hasil Konggres 2 SRPB Jatim

Ketua panitia pelaksana Kongres II SRPB Jatim, Aslichatul Insiyah yang akrab disapa ICHA sebelumnya menyampaikan bahwasanya Kongres II SRPB Jatim yang dihadiri ratusan Relawan dari 150 lebih organisasi komunitas relawan Kemanusiaan dan kebencanaan ini dapat menghasilkan program kerja yang bisa memberikan kontribusi signifikan pada dunia kemanusiaan

“Semoga Kongres II SRPB Jatim ini menghasilkan program kerja yang bisa memberikan kontribusi signifikan pada dunia kemanusiaan” ujar ketua panitia Aslichatul Insiyah.

Sementara itu dari hasil pemilihan koordinator dan ketua formatur SRPB Jatim 2020-2023 yang digelar minggu, 01 Maret 2020 menghasilkan perolehan suara lebih dari 90 persen memilih Dian Harmuningsih, ST. MM dari BP. 13 Jatim untuk menahkodai perjalanan SRPB Jatim Pereode 2020 – 2023 sebagai koordinator. (P. Lih/MRU/Red)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan