banner 728x90

Pergantian Ketua IJM. Ikatan Jurnalis Magetan Gelar Rapat Anggota

Rapat Anggota Ikatan Jurnalis Magetan 2019

Magetan, Mearindo.com – Sejumlah tiga puluhan wartawan Magetan dari media cetak maupun elektronik yang bergabung dalam organisasi Ikatan Jurnalis Magetan (IJM) menghadiri Rapat Anggota dalam rangka pemilihan Ketua IJM untuk pereode masa Bhakti 2019 sampai 2021.

Rapat Anggota IJM yang ke dua ini dilaksanakan di Rumah Makan Sambel, Selosari, Kacamatan/Kabupaten Magetan, Prop Jawa Timur. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 Wib tersebut diawali dengan penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban oleh Ahmad Zahni selaku Ketua pengurus IJM pereode 2015 – 2019 dan dilanjutkan pendemisioneran oleh salah satu anggota Badan Pendiri IJM, Joko Suyono yang juga menjabat di anggota Komisi A DPRD Kabupaten Magetan.

Ahmad Zahni mengatakan dirinya mengingatkan kembali bahwasanya keberadaan IJM yang dibentuk dan didirikan atas kesepakatan bersama pelaku media Magetan pada tahun 2015 lalu adalah untuk wadah berkumpulnya Jurnalis Magetan yang berintegritas, progresif dan profesional.

“Tepatnya pada 18 Agustus 2015 lalu puluhan wartawan Magetan berkumpul dan sepakat mendirikan IJM untuk memfilterkan diri dan tidak terkontaminasi dengan oknum oknum yang mengatasnamakan wartawan namun tidak berkegiatan Jurnalis dengan profesional. Sehingga melalui Rapat Anggota IJM ke dua ini pula saya berharap IJM senantiasa menjadi wadah anggota yang profesional dalam berjunalis”. Harap Zahni selaku Ketua pertama IJM

Sementara itu, Sidang Rapat Anggota IJM 2019 yang dipimpin oleh Sifaul Anam dengan agenda pembacaan Anggaran Rumah Tangga dan Peraturan Organisasi IJM dilanjutkan pemilihan ketua atau Ketua Formatur IJM 2019 dengan menghasilkan mufakat memilih Agus Suyanto sebagai ketua terpilih untuk kepengurusan IJM masa bhakti 2019 sampai 2021. Selanjutnya Ketua terpilih membentuk formatur dan menyusun struktur pengurus IJM Periode 2019 – 2021 untuk disahkan dengan berita acara dan surat keputusan.

Kegiatan Rapat Anggota IJM yang juga dihadiri aktifis Pers lain dari media cetak dan elektronik tersebut juga hadir Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Magetan, Norbiyanto atau akrab dipanggil Norik. Ia berharap adanya komunikasi lebih intens antara PWI Magetan dengan wadah Jurnalis yang sudah ada, sehingga bersama sama mewujudan keprofesionalitasan wartawan dengan memenuhi legalitas profesi baik sertifikasi perusahaan perusahaan pers maupun wartawan melalui PWI di Dewan Pers.

“Kita berharap PWI Magetan menjadi rumah bersama kawan kawan Jurnalis Magetan, sehingga kita bersama – sama mewujudkan profesionalitas Pers dengan diawali memenuhi legalitas perusahaan pers kita dan mengikuti uji kompetensi bagi wartawan di Dewan Pers”, harap Norik.

Logo IJM Ikatan Jurnalis Magetan

Menanggapi hal itu, Agus Suyanto sebagai ketua terpilih untuk pereode 3 tahun kedepan ia berjanji akan mengupayakan mempermudah pelaksanaan uji kompetensi wartawan dengan menjalin komunikasi aktif bersama PWI Magetan.

Pascsa Rapat Anggota IJM 2019 kegiatan dilanjutkan Dialog antar pelaku media dengan Joko Suyono, S.Sos selaku Anggota Komisi A DPRD Kab.Magetan. Dialog interaktif bertemakan “Peran Media dalam membangun Kabupaten Magetan” banyak diantara yang hadir mengharapkan adanya peningkatan pos anggaran di pemerintah Kabupaten Magetan untuk kegiatan publikasi media melalui medianya perusahaan pers bukan media yang dibuat dinas dinas Forkopimda.

“ketika saya menjabat Ketua DPRD Magetan lima tahun untuk anggaran publikasi atau media kita anggarkan dari tujuh juta pertahun kini menjadi ratusan juta dan itu Syah, maka hari inipun saya yakin pemerintah dapat mengupayakan itu. Dengan catatan semua legalitas baik perusahaan pers dan personal wartawanya memenuhi legalitas sebagaimana diatur oleh undang undang dan dewan pers”, terang Joko Suyono yang juga sebagai pendiri IJM. (Gesang)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

twenty + 6 =