banner 728x90

SRPB Jatim Edukasi Warga Sadar Bencana Dengan Sekolah Alam

Dian Harmuningsih, ST MM. Koordinator SRPB Jatim

Mojokerto, Bertujuan menumbuhkembangkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk sadar bencana dan Siaga bencana, Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Propinsi Jawa Timur mengadakan sekolah alam. Kegiatan sebagai proses pembelajaran yang betujuan untuk mengembangkan potensi diri pada peserta didik dan mewujudkan proses pembelajaran warga ini diselenggarakan OBIS Camp, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur pada Selasa pagi, 01 Mei 2019.

Sekolah Alam Sadar Bencana dan Siaga Bencana yang melibatkan masyarakat pinggiran hutan dan perwakilan relawan kebencanaan itu merupakan bagian dari serangkaian kegiatan Jagong Bareng HKB bersama SRPB dalam memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) secara nasional yang jatuh pada setiap tanggal 26 April.

Puluhan warga dari masyarakat pinggiran hutan bersama relawan se Jatim dibekali wawasan dan materi pentingnya sadar bencana yakni membiasakan berperilaku bersih menjaga keseimbangan alam terutama dari bahaya ancaman sampah. Selain itu peserta juga dibekali langkah darurat dalam keadaan terjadi bencana, baik penyelamatan diri maupun infestigasi kerentanan bencana alam.

Pelatihan kebencanaan yang dilakukan di alam terbuka atau hutan ini menurut Dian Harmuningsih, ST. MM selaku Koordinator SRPB Jawa Timur dimaksudkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat secara langsung dimana masyarakat pinggiran hutan merupakan salah satu komponen yang paling rentan atau rawan menghadapi bahaya bencana, seperti kebakaran hutan, banjir bandang, tanah longsor maupun gempa bumi.

“Pelatihan bersama antara relawan kebencanaan se Jawa Timur dan warga masyarakat yang hidup di pinggiran hutan ini bertujuan memberikan edukasi agar menjaga hidup bersih bersinergi dengan alam sebagai bentuk kesadaran menjauhkan diri dari bencana serta memberikan wawasan langkah-langkah yang didahulukan jika terjadi bencana,” kata Dian.

Sehari sebelumnya SRPB Jatim juga turut mensukseskan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Jatim dengan mengikuti Apel Siaga HKB di Lapangan Rampal Kota Malang yang diselenggarakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinsi Jawa Timur dengan dipimpin langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah. (30/04/2019)

Sedangkan kegiatan “Jagong Bareng” SRPB Jatim selain dalam serangkaian peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana juga menjadi bagian peringatan HUT Ke-2 SRPB Jatim. Dalam acara yang digelar selama 2 hari sejak 30 April sampai 01 Mei tersebut diisi Sarasehan membedah Payung Hukum Relawan, Peran Dan Fungsinya, relawan juga diisi Communication Mobile serta praktek dapur umum. (Narto)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

two × two =