banner 728x90

REVOLUSI 4.0 DAN TANTANGAN INDUSTRI PARIWISATA

REVOLUSI 4.0 DAN TANTANGAN INDUSTRI PARIWISAT

Mearindo. Com – Suasana di ruang rapat Bromo di lantai dua milik Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Jalan Wisata Menanggal Surabaya mulai pukul 09.00-11.30 menjadi ajang diskusi cukup menarik karena banyak keilmuan dan wacana untuk pengembangan ke pariwisataan di Indonesia, utamanya di Jawa Timur.

SURIAMAN selaku Kepala Bidang Industri Pariwisata mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Sinarto tidak bisa hadir karena pada waktu bersamaan menerima tamu Menteri Kebudayaan dari Australia Barat.

‘’TERIMA KASIH atas kehadiran memenuhi undangan kami untuk kegiatab FGD (Focus Group Discussion) Guna Percepatan Sertifikasi Profesi,’’ ujar Suriaman kepada peserta dari 38 Kabupaten yang lembaganya menangani Kebudayaan dan Pariwisata, stake holder diantaranya para insan pariwisata dari ASITA, PHRI, HPI, HIPERHU, PUTRI, HILDIKTIPARI, LSP Parnas, IRARI, Pokdarwis, AWAI dan Pam Obvit Polda Jatim.

JOKO SUSANTO, akademisi dari Universitas Airlangga (Unair) menjadi nara sumber utama FGD atau Diskusi Kelompok Terarah. Joko yang juga merupakan Dosen Unair tersebut mengangkat topik Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Industri Pariwisata.

‘’Para peserta sekarang ini kita masih di dalam Revolusi Industri 3.0 belum menuju 4.0 pada revolusi Industri 3.0 manusia di mana saja bisa berhubungan dengan mengunakan teknologi Smartphone. Dulu era revolusi industri 1.0 dan 2.0 untuk komunikasi belum secanggih 3.0, waktu revolusi industri 1.0 dan 2.0 ketika kita butuh komunikasi masih membutuhkan waktu yang lama, beda dengan revolusi industri 3.0. Sekarang kita butuh komunikasi di belahan dunia manapun bisa terlaksana,’’ujarnya.

Sesuai judul Revolusi Industri 4.0, kedepannya semua peran manusia bakal di ganti dengan aplikasi dalam bentuk robot, ujar Joko. Di Negara Dubai Timur Tengah, sudah mulai dirancang 2030 kendaraan dari Bandara tanpa menggunakan driver sampai tujuan.

Cukup menekan tombol dekat kaca kemana tujuan penumpang. Tampilan visualisasi dari nara sumber Joko merupakan salahsatu visualisasi dari berbagai tampilan tentang revolusi industri 4.0 di dunia. ‘’Ini sebagai gambaran untuk kita, bahwa cepat atau lambat revolusi indutri 4.0 akan masuk ke Indonesia,’’ ujarnya menghakhiri pembicaraan sebelum di kaitkan bagaimana hubungannya dengan pariwisata dan SDMnya. (Agung)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

twenty − 17 =