banner 728x90

Konggres Pers Indonesia Akan Dirikan Dewan Pers Indonesia Tingkat Propinsi Di Indonesia


Jakarta, Mearindo.com – Kongres Pers Indonesia yang digelar Rabu, 06 Maret resmi dibuka oleh Ketua Dewan Pembina/ Penasehat Sekretariat Bersama Pers Indonesia, Jenderal TNI (Purn). Tedjo Edi Purdijatno didampingi Ketua Sekber, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pers dan Pakar komunikasi serta narasumber yang berkompeten di bidangnya di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Rabu (6/3/2019)

Tedjo E.P, Ketua Dewan Pembina/Penasehat Sekber Pers Indonesia dalam sambutannya sekaligus meresmikan Kongres perdana tersebut mengatakan pihaknya akan senantiasa mendukung Pers menuju perubahan yang lebih baik lagi.

“Nanti kita akan membuat lembaga sertifikasi Pers baik untuk wartawan cetak maupun online, karena sejatinya wartawan itu tidak hanya pandai bicara akan tetapi juga harus pandai mendengar.” pungkasnya.

Ketua Tim Formatur Kongres Pers Indonesia 2019, Heintje G. Mandagei, SH mengatakan, Dewan Pers Indonesia (DPI) di tingkat pusat beranggotakan 21 orang. Sedangkan ditingkat provinsi DPI beranggotakan 3 orang. Baik DPI tingkat pusat maupun di daerah bersama-sama secara paralel nantinya akan menciptakan iklim kehidupan pers yang kondusif, profesional, berkualitas dan merdeka dari tindakan diskriminasi dan intervensi.

Selain untuk mengayomi seluruh masyarakat pers Indonesia, Kongres Pers Indonesia melaksanakan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, serta untuk menyusun dan menetapkan peraturan-peraturan di bidang Pers, dan memilih anggota Dewan Pers yang independen. (Lana/Red)

Forum Jurnalis Bersatu

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan