banner 728x90

TNI Buru Teroris KKB Papua yang Bunuh 31 Pekerja Trans Papua

Mearindo.com – Tim gabungan TNI-Polri mengejar kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang membantai pembunuhan 31 pekerja proyek jalan dan jembatan Trans Papua di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Irianjaya.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, Selasa (4/12), menjelaskan, anggota KKB awalnya membunuh 24 pekerja proyek, delapan lainnya melarikan diri dan bersembunyi di rumah salah satu anggota DPRD.

“Delapan orang yang menyelamatkan diri di rumah anggota DPRD dijemput dan dibunuh. Tujuh orang meninggal dunia dan satu orang belum ditemukan,” ujarnya seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL.

Menurut Kombes Ahmad Musthofa Kamal, KKB ini telah sering melakukan tindakan tidak manusiawi dari sebelum pilkada, penyanderaan terhadap para guru dan tenaga kesehatan di Distrik Mapenduma, Kabupaten Nduga.

Meski begitu, tim gabungan TNI-Polri belum dapat masuk ke lokasi pembunuhan karena akses jalan yang ditutup oleh KKB. “Anggota kami belum sampai ke TKP. Jalan menuju TKP diblokir,” kata Kamal.

Pembunuhan puluhan pekerja diduga karena KKB Ndugama yang dipimpin Egianus Kogoyo tidak terima lantaran ada pekerja mengambil foto Upacara Peringatan HUT OPM pada 1 Desember lalu.

Setelah dinyatakan hilang, pada Senin petang (3/12), polisi mendapatkan informasi dari masyarakat telah terjadi pembunuhan para pekerja yang sedang membangun jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak, Kabupaten Nduga. (Hms/Rmoll)
Forum Jurnalis

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

3 × four =