banner 728x90

Pembakar Bendera Tauhid Di Garut Diamankan

Mearindo.com – Beredar Viral di media sosial sebuah video yang berdurasi 02.05 menit. Dalam video tersebut terlihat jelas beberapa oknum anggota Banser Garut. Membakar bendera hitam dan bertuliskan Kalimat Tauhid berwarna putih, yang mirip dengan bendera HTI. Pembakaran bendera tersebut terjadi pada saat perayaan Hari Santri Nasional (HSN) Ke-3, di Alun-Alun Blubur Limbangan, Kabupaten Garut. Minggu (21/10/2018).

Video yang berdurasi 02.05 menit tersebut, diterima redaksi Mearindo Media Grup. Senin (22/10/2018) melalui media sosial dan grup-grup WhatsApp. Terlihat beberapa oknum anggota Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) yang membakar bendera bertuliskan Kalimat Tauhid sambil penuh semangat menyanyikan lagu Ya Lal Wathon.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (GP-Ansor). Yaqut Cholil Qoumas membenarkan hal itu. Dia mengatakan pembakaran terjadi saat Banser Garut merayakan hari santri pada Minggu kemarin (21/10/2018).

“Pembakaran bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) merupakan upaya untuk menjaga kalimat tauhid. Anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) tidak akan membakar jika bukan kalimat tauhid yang tertera pada bendera berwarna dasar hitam itu,” Ungkap Yaqut.

“Jika bukan bendera yang ada tulisan tauhidnya, bisa jadi oleh mereka (anggota Banser Garut) tidak dibakar, tetapi langsung di buang saja ke comberan,” lanjutnya.

Yaqut menegaskan bahwa tindakan belasan anggota Banser di Garut itu justru merupakan sebuah penghormatan terhadap kalimat Tauhid dan bukan perbuatan salah. Menurutnya, hal yang sama juga akan dilakukan jika menemukan sobekan naskah atau mushaf Al-quran.

Komandan Kodim 0611 Garut, Letkol Inf Asyraf Aziz S.Sos. Juga membenarkan terjadinya pembakaran bendera tauhid dalam perayaan Hari Santri Nasional (HSN) Ke-3, di Alun-Alun Blubur Limbangan, Kabupaten Garut. Dan juga menyampaikan, bahwa para pelaku sudah diamankan. Untuk itu Dandim berharap semua pihak bisa menahan diri dan tidak melakukan tindakan-tindakan agresif.

“Ya benar, sekarang sedang ditangani. Pelaku pembakaran bendera kalimat Tauhid sudah kita amankan. Kepada semua pihak, agar semuanya menahan diri dan tidak melakukan tindakan-tindakan agresif,” ujar Dandim 0611 Garut. (Lana/FJI).

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

twelve + 14 =