banner 728x90

HP3KI KAB MAGETAN Gerak Cepat Salurkan Bantuan Korban Bencana Alam Palu Dan Donggala

Magetan, Jawa Timur
Mearindo.com – Gerak cepat tanggap bencana Palu Dan Donggala yang terjadi pada 28 September 2018 lalu dilakukan DPD HP3KI Kabupaten Magetan dengan salurkan bantuan korban bencana Palu Donggala pada Sabtu, 06 Oktober 2018.

Sebelumnya DPD HP3KI (Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pimpinan Pendidik Pelatih Kewirausahaan Indonesia) Kabuapten Magetan dikordinir oleh EDY PURNOMO setelah terjadinya gempabumi dan tsunami di Sulawesi Tengah pihaknya bersama anggotanya melakukan road show kemanusiaan, yakni dengan mendirikan pos pos penampungan bantuan kemanusiaan ditiap anggota HP3KI kecamatan. Kemudian Dilakukan pengambilan dan penghitungan untuk disalurkan bersama Relawan TIDAR ERMe Magetan.

Hadir dalam penyaluran bantuan tersebut jajaran pengurus HP3KI Magetan Edy Purnomo selaku Ketua, Sinta Kartika Sari selaku Bendahara 1, Sri Hartini selaku Bendahara 2, Pied Rahman selaku Sekretaris dan beberapa anggota lainya.

“HP3KI Magetan dengan ini sangat berduka dan bergerak semaksimal mungkin untuk meringankan saudara kita yang belasan ribu korban masih dalam keadaan darurat bantuan. Semoga apa yang rekan rekan kami lakukan dapat memberikan manfaat bagi semua,” harap EDY

Sebelumnya pada 3 Oktober 2018 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), telah mencatat korban gempa dan tsunami Palu & Donggala, Sulawesi Tengah mencapai 1.407 jiwa, Namun pihak BNPB belum memastikan jika korban jiwa pasca musibah terjadi yang berkekuatan 7,7 SR pada Jumat (28/10/2018) lalu, akan terus bertambah.

Korban jiwa 1.407 orang tersebut terdiri dari wilayah Kota Palu, Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong. Dari data 1.407 orang meninggal, sebanyak 1.177 orang ditemukan di Palu sementara itu di Parigi Moutong ditemukan 12 orang dan Sigi 65 orang.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengaku pihaknya sampai saat ini masih melakukan pencarian korban jiwa.

“2.549 orang dilaporkan luka berat
113 orang hilang.
152 orang dilaporkan tertimbun
70.821 Mengungsi di 141 titik 65.733 rumah rusak”.

Sedangkan KARJITO Koordinator TIDAR – ER Me (Tim Darurat – Emergency Response Mearindo) memberikan keterangan bahwa pihaknya membuka Posko Bantuan Kemanusiaan Kebencanaan Dengan mengumpulkan bantuan diberbagai tempat yang tersebar di wilayah Kabupaten Magetan. KARJITO juga membuat program SIAP AMBIL Barang Bantuan ketempat tempat masyarakat yang hendak meringankan korban bencana dengan catatan TIDAK MENYALURKAN BANTUAN BERUPA UANG.

“Relawan Tidar ERMe ini bersifat kontinue tidak semata hanya saat ada kejadian bencana. Sebab kami relawan juga aktif dikegiatan menyalurkan bantuan santunan untuk kondisi warga kita yang dalam taraf kritis baik kesehatan, ekonomi maupun sosial untuk segera mendapatkan perhatian,” terang KARJITO

KARJITO Menambahkan, Pos Komando TIDAR ERMe bertempat menyebar yakni di setiap rumah anggota relawan yang secara sukarela dan ikhlas dijadikan Posko bersama, baik di wilayah Kawedanan, Takeran, Magetan, Panekan, Maospati, Parang, Nguntoronadi, Lembeyan, Barat, Karas dan wilayah kecamatan lain di Kabupaten Magetan.

“Sebelumnya kami juga sudah menyalurkan bantuan yang kami centralkan di Posko Malang Maospati dan bersinergi dengan Koramil Maospati untuk penyaluran dan pengiriman relawan ikut BPBD Kab.Magetan yang telah diberangkatkan ke Lombok menggunakan Pesawat atas dukungan fasilitas dari TNI AU LANUD ISWAHYUDI beberapa waktu lalu, ” pungkas KARJITO.

” Kami sampaikan untuk proram *SIAP AMBIL Bantuan Korban Bencana* ditempat/ Masyarakat akan dilakukan dengan mempertimbangkan jarak jemputan dan lokasi relawan, Maka setiap bantuan siap ambil kami sarankan bantuan tidak dari perorangan melainkan dari perkumpulan tetangga sekitar maupun komunitas arisan dan sebagainya Meliputi :

Bahan Makanan
Mukena Baru/ Baik
Sarung Baru / Baik
Al Qur’an Baru/ Baik
Alat Bayi Baru/ Baik
Alat Mandi/ Rumah tangga
Terpal / Selimut
Obat – obatan
Susu bayi / susu anak

*Estimasi* jumlah muatan barang yang kami ambil dalam satu titik sekisar 1 armada Pick Up / Kijang / Panther

*Prosedur – Perhatian*
Semua bantuan diberikan tanda terima penyaluran bantuan kebencanaan

*Kami tidak menyalurkan bantuan uang untuk korban bencana*

*Kami menerima karung bekas kondisi bagus untuk penyortiran*

*Penyaluran Bantuan Dari Masyarakat Karas Dapat Diantar ke Timur Balai Desa Taji Rumah Bu HANIE PERANGKAT DESA TAJI*
Hub. 085234032040

*Kontak Personal Ambil*

TOTOK Balerejo Kawedanan
085231852297
PURNOMO Kawedanan
082231101917

ZITO Kawedanan
+6282234904246

SUGI Lembeyan
082132593085

ANAM Takeran
0816674005

GESANG Takeran
081331869986

Bantuan yang diambil akan dilakukan penyortiran dan pembungkusan sebelum disalurkan kelokasi bencana.

Kegiatan kemanusiaan masyarakat Magetan dapat dipantau melalui media online Mearindo.com yang diterbitkan oleh PT. MEA RINDO Nusantara.

Salam kemanusiaan
POSKO BERSAMA
Relawan Kemanusiaan Dan Kebencanaan TIDAR – ERMe
Kab. Magetan – Jawa Timur”

Kontributor : Purnomo

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

three × 4 =