banner 728x90

Relawan TIDAR – ER Salurkan Air Bersih Untuk Wilayah Kekeringan Parang Magetan

Magetan – Jawa Timur
Mearindo, Sejumlah wilayah dua Kecamatan di Kabupaten Magetan yang mengalami kelangkaan air bersih akibat kemarau panjang selain mendapat respon dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magetan juga direspon sejumlah relawan kemanusiaan.

Relawan kemanusiaan yang tergabung dalam RELAWAN TIM DARURAT EMERGENCY RESPONSE atau dikenal TIDAR – ER wilayah Kabupaten Magetan turut ambil peduli dalam mengatasi kelangkaan air yang terjadi di Kecamatan Parang dan Kecamatan Karas Kabupaten Magetan dengan membantu melakukan Droping Air Bersih disejumlah wilayah krisis air wilayah Kecamatan Parang pada Jum’at 03 Agustus 2018.

Relawan TIDAR – ER melalui Zeto selaku Kasi Logistik mengatakan kegiatan droping air bersih tersebut ditujukan untuk membantu masyarakat dalam kekurangan memenuhi air bersih untuk kebutuhan sehari – hari selama krisiw air dimusim kemarau tahun 2018.

“Krisis air ini tentu akan dirasakan sangat mengganggu aktifitas kehidupan sehari – hari bagi saudara kita yang saat ini tertimpa keadaan kesulitan air bersih, Kami hanya sebatas membantu droping air semampunya sebatas meringankan saudara kita”, kata Zeto yang bernama lengkap Karjito relawan asal Desa Pojok Kawedanan.

Diberitakan sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Magetan merilis kekeringan dan kelangkaan air bersih wilayah Magetan saat ini menimpa Kecamatan Karas tepatnya di Desa Kuwon dan Kecamatan Parang yakni di Desa Sayutan, Kel. Parang, Desa Mategal dan Desa Joketro.

BPBD Magetan sebelumnya sudah mengantisipasi krisis air yang terjadi setiap datang musim kemarau dengan sistem melakukan droping air bersih di 2 (dua) RT tersebut dengan pembagian masing-masing 3.000 Liter.

Fery Yoga Saputra, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan menghimbau kepada masyarakat yang berdampak kekeringan untuk pro aktif sinergi dalam memberikan informasi keadaan terkini terkait kesediaan air bersih, dengan melakukan kordinasi bersama pihak-pihak dan petugas yang ada.

“Masyarakat di wilayah Kabupaten Magetan bisa menghubungi BPBD dalam hal ini apabila di wilayahnya krisis kebutuhan air bersih dengan melayangkan surat melalui desa/kelurahan dan disampaikan kepada kecamatan setempat tembusan BPBD”, kata Fery (27/07/18)

Sementara itu, musim kemarau yang diperkirakan panjang melanda wilayah jawa timur. Pernyataan tersebut sebagaimana rilis BMKG sesuai surat edaran BMKG Nomor 214/XXV/2017 tentang analisis hujan bulan juni 2018. (Gesang)

Baca Tentang Relawan Khusus TIDAR

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

11 − 2 =