banner 728x90

Cara BerKURBAN 2018 Di Yaman Bersama One Care

Syiar Mearindo, Yaman adalah negeri tua yang terletak bertetangga dengan Arab Saudi. Ingatkah kisah tentang kisah Uwais Al Qarni? Sang pemuda sholeh tersebut, menurut kisah, berasal dari negeri Yaman.

Uwais, dengan segenap ketulusan hatinya, berbakti dengan sang ibu terkasih. Meski harus menempuh perjalanan jauh ke Mekah, Uwais tetap menuruti keinginan ibunya untuk berhaji. Amal sholeh Uwais ini menjadi teladan abadi, juga mengharumkan negeri kampung halamannya: Yaman.

Yaman juga dikenal sebagai negeri penghasil ulama. Hadramaut, di Yaman Selatan, terkenal sebagai pusat pembelajaran Madzhab Syafii, yang didatangi pelajar-pelajar dari seluruh dunia. Banyak pula pelajar dari Indonesia, yang ketika pulang ke Indonesia, menjadi ulama dan kiai di lingkungannya masing-masing.

Hari ini, apa yang terlintas di pikiran kita saat mendengar kata “Yaman”? Jika kita sering membaca berita internasional hari ini, kita akan disuguhkan dengan berita konflik, kelaparan, wabah penyakit kolera, dan banyak hal lain yang menyedihkan, yang mengusik nurani kemanusiaan kita.

Keadaan di Yaman telah mencapai tingkat yang parah pada tahun 2017, ketika PBB menyebut krisis Yaman sebagai krisis kemanusiaan terburuk. Dalam statistik hitungan PBB, setiap 10 menit, ada 1 anak Yaman meninggal karena penyakit yang seharusnya bisa diobati. Kelaparan juga telah menyebar ke seluruh negeri, sehingga dua per tiga dari jumlah penduduk Yaman bergantung pada bantuan internasional.

Melihat kondisi ini, pada tahun 2017 One Care menggulirkan program “Healing Yemen” untuk mengkampanyekan bantuan bagi Yaman. Pada bulan Dzulhijjah tahun lalu, bertepatan dengan hari raya Idul Adha, One Care menyalurkan hewan kurban ke beberapa titik di Yaman. Bantuan logistik, dan santunan untuk penduduk yang dirawat di rumah sakit, juga disalurkan oleh One Care, pada Ramadhan tahun ini.

Di hari raya Idul Adha esok, dengan izin Allah, One Care akan kembali melakukan penyaluran hewan kurban ke Yaman.

Krisis kemanusiaan di Yaman memang tidak akan selesai hanya dengan bantuan yang kita kirimkan, tetapi setidaknya kita bisa membantu menguatkan mereka untuk menghadapi hari-hari berat dalam kecamuk konflik.

Masih terbuka lebar peluang untuk membantu Yaman bersama One Care. Mari bersatu bantu Yaman.

Daftar untuk kurban Yaman chat whatsapp
0823-1117-8001

Rilis: Wati Siswoyo
Editor : Faullana

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

three × 1 =