banner 728x90

Waspada Level 2.Erupsi Gunung Merapi Awal Juni 2018

Update informasi BPBD Kab. Klaten seputar Aktivitas Gunung merapi, Tanggal 1 Juni 2018 Pukul 22.30 wib.

Erupsi Gunung Merapi yang ada di Klaten Jawa Tengah hari ini meningkat. kelompok rentan dan balita bertahan di baledesa dan titik kumpul.

Intensitas erupsi Merapi Jumat hari ini meningkat dari pagi hingga pukul 22.00 wib, Merapi telah tiga kali erupsi sehingga warga yang berada dizona terdampak dihimbau meningkatkan kewaspadaan.

Sebanyak 40 jiwa di Balerante yang umumnya manula dan balita serta ibu ibu bertahan di Balai Desa Balerante Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.

Sedangkan di beberapa desa terdekat dari puncak seperti di Sidorejo, Tegalmuyo terdapat beberapa manula dan balita yang sudah ditempatka dititik prediksi aman.

Sementara itu TRC PB BPBD Kab. Klaten sedang mendata jumlah warga yang masih bertahan di titik titik kumpul tersebut. JAINU perangkat Desa Balerante mengatakan bahwa di Balai Desa Balerante ,para manula yang bertahan ditempat tersebut kurang lebih ada 40 warga. Dan pihaknya telah menyiapkan logistik seperti tikar dan selimut bantuan dari BPBD kabupaten Klaten.

Selain itu,meningkatnya aktivitas merapi hari ini membuat relawan dan warga menggiatkan pemantauan Merapi dengan melakukan ronda malam guna mendampingi pemantauan perkembangan gunung Merapi.

Status Waspada Himbauan Kepada Masyarakat:*

  1. Masyarakat diminta untuk tidak panik dan tetap tenang, selalu wasapada dalam beraktivitas
  2. Gunakan masker dan kaca mata untuk antisipasi jika beraktivitas diluar ruangan
  3. Tetap pantau perkembangan aktivitas G.Merapi melalui berita dan sumber informasi terpercaya (BPPTKG, BMKG, BNPB, BPBD)
  4.  Untuk para pendaki G.Merapi berdasarkan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) untuk sementara dilarang naik.

Sebelumnya terjadi letusan merapi dengan Amplitudo Maksimum dengan kolom letusan 2500 M pada pukul 20.24 WIB mengarah ke Timur Laut, teramati dari pos PGM Jrakah selama 1,5 menit.

Status Aktifitas Merapi pada saat ini tetap pada level WASPADA (Level 2)

Rekomendasi

  1. Radius 3 km dari puncak dikosongkan dari aktivitas penduduk (mencari rumput dan aktivitas pendakian di area 3 km dari puncak.
  2. Masyarakat yang tinggal di KRB III diharap untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi.

Petunjuk Kesiapsiagaan kedaruratan

  1. Masyarakat untuk tidak panik dan tetap beraktifitas seperti biasa serta meningkatkan kewaspadaan.
  2. Bila terjadi hujan abu gunakan alat pelindung diri (APD) apabila beraktifitas di luar rumah berupa masker, kacamata, jaket, penutup kepala dan alas kaki.
  3. Ikuti arahan petugas yang ada di lapangan bila terjadi situasi darurat, berhati-hati dalam berkendara dan utamakan tertib lalu lintas
  4. Cermati berita dan informasi yang beredar, kenali teliti dan cermati info, sumber, waktu dan captionnya.

Pusdalops Bpbd Kabupaten Sleman | instagram : pusdalopssleman

Kontributor: Palih S

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

two + 16 =