banner 728x90

Terjadi Erupsi Gunung Agung Bali

MAGMA-VEN (Volcanic Eruption Notice)

Siaran Pers Informasi Erupsi Gunung Agung (Bali)

Telah terjadi erupsi G.Agung, Bali pada tanggal 10 Juni 2018 pukul 22:14 WITA namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi ± 1 menit 58 detik.

Erupsi yang terjadi tidak teramati karena tertutup kabut. Namun dari sinyal seismik yang terekam, kemungkinan erupsi ini berskala rendah. Angin mengarah ke Barat. Sehingga jika terjadi hujan abu kemungkinan melanda sektor sebelah Barat Gunung Agung.

Saat ini G. Agung berada pada Status *Level III (Siaga)* dengan rekomendasi:
(1) Masyarakat di sekitar G. Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak G. Agung.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan G. Agung yang paling aktual/terbaru.

(2) Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

*SUMBER DATA*
KESDM, Badan Geologi, PVMBG. Pos Pengamatan Gunungapi Agung
https://magma.vsi.esdm.go.id/
Kontributor: Palih S

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan