banner 728x90

Mendagri Lantik Komjen Pol M. Iriawan PJS Gubernur Jabar

Jawa Barat
Pejabat sementara (PJS) Gubernur Jawa Barat resmi dipegang Komjen Pol M. Iriawan. Senin 18 Juni 2018, pukul 09.57 Wib bertempat di G. Merdeka Jl. Asia Afrika Kota Bandung Komjen Pol M. Iriawan dilantik menjadi pejabat sementara Gubernue Jawa Barat oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, SH.

Pelantikan Pejabat Gubernur Jawa Barat yang gelar oleh Pemerintah Prov. Jawa barat itu diikuti 500 orang dengan penanggung jawab Effendi selaku Panitia Pelaksana. Iriawan ditunjuk untuk menggantikan Dr. (H.C) H. Ahmad Heryawan, Lc., M.Si Gubernur Jawa Barat Masa Jabatan 2013 – 2018 yang habis masa jabatanya.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya :

1. Bpk. Tjahjo Kumolo, SH (Menteri Dalam Negeri).
2. Dr. (H.C) H. Ahmad Heryawan, Lc., M.Si (Gubernur Jawa Barat Masa Jabatan 2013 – 2018).
3. Bpk. Deddy Mizwar (Wakil Gubernur Jawa Barat Masa Jabatan 2013 – 2018).
4. Ibu Inue Purwadewi Sundari (Ketua DPRD Prov. Jawa Barat).
5. Bpk. Iwa Karniwa (Sekda Prov. Jawa Barat sekaligus Plh Gub. Jawa Barat)
6. Komjen Pol M. Iriawan (PJ Gubernur Jawa Barat)
7. Mayjen TNI Besar Harto Karyawan (Pangdam III/Slw).
8. Irjen Pol Agung (Kapolda Jawa Barat).
9. Para pejabat Prov. Jawa barat.
10. Para Bupati / Walikota Se – Provinsi Jawa Barat.
11. Para unsur FKPD Kab/Kota Prov. Jawa Barat.
12. Para perwakilan Ormas di Jawa Barat.
13. Bpk. Solihin GP (Sesepuh Jawa Barat).
14. Bpk. Agus Widjojo (Gubernur Jawa Barat)
15. Prof Dr Drs Ermaya Suradinata, Msi, MH,M.Hum (Gubernur IPDN).

Serah terima jabatan Gubernur Jawa Barat tahun 2013/2018 diawali dengan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan kemudian penandatanganan Berita Acara Sumpah Janji Jabatan dan Pakta Integritas serta pemasangan Tanda Pangkat dan Penyematan Tanda Jabatan serta Penyerahan Keputusan Presiden Republik sekaligus penyerahan Memori Jabatan dari Ahmad Heryawan kepada Komjen Pol M. Irawan.

– Pkl 10.16 Wib penyerahan plakat dan piagam dari Menteri Dalam Negeri kpd:

1). Gubernur Jawa Barat Masa Jabatan 2013 – 2018 (Bpk. Ahmad Heryawan).
2). Wakil Gubernur Jawa Barat Masa Jabatan 2013 – 2018 (Bpk. Deddy Mizwar).
3). Plh. Gubernur Jawa Barat _(Sekda Provinsi Jawa Barat).
4). Pj. Gubernur Jawa Barat

Sementara itu dalam sambutanya, Dr. (H.C) H. Ahmad Heryawan, Lc., M.Si Gubernur Jawa Barat Masa Jabatan 2013 – 2018 berharap agar pemprov Jawa Barat kedepanya melanjutkan program peningkatan pendidikan agar berkesinambungan.

“Pendidikan adalah sarana utama dalam meningkatkan peradaban saya melihat bahwa kurangnya ketersediaan prasarana dan sarana pendidikan menjadi salah satu penyebab mahalnya pendidikan dan rendahnya angka partisipasi sekolah di Jawa Barat , Untuk itu saya memprogramkan pembangunan ruang kelas baru secara masif di Jawa Barat dari semula hanya sekitar 400-500 kelas pertahun menjadi 5.000 sampai 6.000 unit rkb pertahunnya Hingga Akhir Masa jabatan telah berhasil dibangun 30.000 ribu unit Rkb”. Ujar Ahmad Heryawan

“Jabatan seorang Gubernur & Wakil Gubernur di dalam undang-undang tidak boleh dikurangi 1 hari dan tidak boleh ditambah 1 hari, maka dari itu saya membuat PlH sebagai penjabat Gubernur Jawa Barat untuk mengisi kekosongan pemerintahan yang ada di Jawa Barat, Sampai dg pelantikan penjabat Gubernur baru sesuai Keputusan Presiden”. Tjahjo Kumulo , SH (Menteri Dalam Negeri)

Selain itu, Atas nama Kemendagri Thjahyo menyampaikan Selamat atas ditunjuknya oleh Presiden Jokowi kepada Muhammad Iriawan sebagai Pejabat gubernur. Mendagri juga menegaskan bahwa penjabat Gubernur memiliki dua tugas pokok yakni mengefektifkan penyelenggaraan pemerintah daerah dan menyukseskan pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta Bupati Walikota yang tinggal kurang dari 10 hari ini ke depan di Jawa barat.

Kontributor : Faul Lana
Foto : Forum Jurnalis Jabar

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

3 × 2 =