banner 728x90

Gunung Lawu Terbakar, Pintu Pendakian Musim Liburan Idul Fitri Ditutup

Pos Pintu Pendakian Cemoro Sewu Magetan

Jawa Tengah – Karanganyar
Kebakaran hutan kembali terjadi di Gunung Lawu yang berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah tepatnya di Argo Tiling Petak 63 RPH Nglerak BKPH Lawu Utara KPH Surakarta pada Selasa, 19 Mei 2018.

” Seluruh jalur pendakian gunung lawu di tutup karena ada kebakaran di argo tiling”, kutip Tim Kantimnas Kebakaran Kab.Karanganyar.

Selasa (19/06) pukul 16.00 WIB petugas pantau pintu pendakian Cemoro Kandang mendapat informasi bahwa terjadi kebakaran hutan seluas 1 hektar dan api masih menyala.

Perhutani membenarkan adanya kebakaran hutan vinus dilereng gunung lawu tsb tetapi sesuai Peta Perhutani. Sedangkan untuk TKP ikut wilayah Argo Tiling Petak 63 RPH Nglerak BKPH Lawu Utara KPH Surakarta ikut wilayah masuk Kecamatan Jenawi Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

Diperkirakan sebelum kejadian kebakaran, diatas puncak Gunung Lawu masih terdapat 300 lebih pendaki mengisi liburan Idul Fitri 2018. SAR dan relawan dari pos pendakian Cemoro Kandang Karanganyar, Cemoro Sewu Magetan dan relawan AGL lainya saat ini Rabu, 20 Juni 2018 melakukan penjemputan dengan naik ke puncak lawu guna memberikan informasi kebakaran dan sterilisasi area lawu dari pendaki.

Atas kejadian itu, pos pendakian Gunung Lawu dari berbagai arah sejak Rabu 20 Juni 2018 ditutup sementara. Dan akan dibuka kembali setelah keadaan dinyatakan normal.

Kontributor: Palih
Foto : Hari

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

five + eleven =