banner 728x90

Dinas Koperasi Dan UKM Bersama HP3KI Magetan Motivasi Ratusan Wirausaha Pemula

Magetan – Jawa Timur
Lebih dari seratus wirausaha pemula mengikuti kegiatan yang diselenggarakan Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kabupaten Magetan bersama Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pimpinan Pendidik Pelatihan Dan Kewirausahaan Indonesia (HP3KI Kabupaten Magetan) pada hari Sabtu, 05 Mei 2018.

Seminar bertajuk “Pelatihan Kewirausahaan Bagi Wirausaha Pemula” itu diselenggarakan di Hall Kantor Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kab.Magetan, Jawa Timur diperuntukkan bagi pelaku usaha rintisan atau pemula tersebut juga dihadiri Ketua DPD LP3KI Magetan Edy Purnomo, ST.

Sebelumnya HP3KI bersama Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Magetan juga menggelar pelatihan serupa dengan jumlah peserta lebih dari 190 wirausaha pemula. Kegiatan tersebut mengakomodir berbagai bentuk usaha kecil yangbada di Kabupaten Magetan seperti pengrajin gerabah tanah liat, konfeksi, sablon dan percetakan, produksi krupuk lempeng, kuliner khas Magetan dan beragam usaha lainya.

Kepala Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kab.Magetan, Venly Tomy Nicholas didampingi Kabid Pemberdayaan Kewieausahaan memberikan apresiasi atas lahirnya ratusan wirausaha pemula di Kabupaten Magetan. Menurutnya, berwirausaha merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi masyarakat untuk memenuhu kebutuhab ekonomi secara mandiri dan kreatif.

“Di Kabupaten Magetan terdapat lebih dari enam belas ribu usaha kecil, dan program ini akan kami tingkatkan untuk bisa lebih menyentuh sampai pelaku usaha riil agar kedepan dapat meningkatkan kreatifitas usahanya.” Ujar Venly

Venly juga menyampaikan bahwa mencari ekonomi dengan berwirausaha sangat jarang dimiliki mayoritas masyarakat. Sebab menurutnya, “Pelaku wirausaha minimal memilik kriteria seorang yang memiliki leader ship dengan rasa percaya diri melakukan usaha untuk berorientasi pada keberhasilan meskipun penuh resiko maupun tantangan”.

Pelatihan Kewirausahaan Bagi Wirausaha Pemula yang beberapa kali digelar ini dimaksudkan untuk membantu para usaha pemula agar termotivasi dalam meningkatkan aktifitas usaha serta hasilnya guna terwujudnya ekonomi mandiri rakyat yang kokoh. Selain itu bertemunya pelaku usaha pemula dari berbagai wilayah Kabupaten Magetan itu juga diharapkan menjadi satu komunikasi untuk sharing untuk menumbuh kembangkan usaha dengan persaingan yang sehat.

Disisi lalin, para peserta pelatihan banyak berharap kepada pihak pemerihtah Kabupaten Magetan dalam hal ini Dinas Koperasi Dan UKM melalui HP3KI untuk mendapatkan bantuan pemerintah guna mengembangkan usaha – usaha yang mereka tekuni.

Sebelumnya, pemerintah pusat telah mencanangkan Gerakan Kewirausahan Nasional (GKN) Kementrian Koperasi dan UKM, yakni program bantuan modal untuk wirausaha pemula guna mencetak 2% wirausaha dari total jumlah penduduk Indonesia.

Program jitu pemerintah yang di lansir sejak tahun 2010 lalu telah menyerap dana dari ABPN tahun 2015 lebih Rp.20 trilyun yang tersebar di seluruh Kementerian dan Lembaga guna mewujudkan ketahanan ekonomi rakyat secara mandiri. (Guns)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

nine − 4 =