banner 728x90

Bikin Was – Was, Retakan Aspal Jembatan Dipusat Perkotaan Magetan

Magetan – Jawa Timur
Pengguna jalan raya yang hendak melintas melewati jembatan KALI GANDONG 1 di pusat perkotaan Kabupaten Magetan dihinggapi rasa kawatir dan was – was. Pasalnya terdapat tetakan aspal yang melintang ditangah jembatan itu.

Retakan dengan panjang hampir selebar jalan itu diketahui 25 April 2018 pagi hari. Sehingga banyak pengendara roda empat yang memilih putar balik dan mencari jalan alternatif lain.

Retakan aspal diatas jambatan Gandong 1 itu sudah diketahui pihak pemerintah Kabupaten Magetan, dan pihak PU Bina Marga Kabupaten Magetan sudah meninjau lokasi tersebut dipimpin oleh Kabid Bina Marga, Dinas PUPR Kabupaten Magetan , Ir. Muchtar Wahid bersama aparat kepolisian dari Polsek Kota Magetan.

Jembatan Gandong 1 merupakan salah satu jembatan tua yang dibangun pada tahun 1895 atau sudah berumur 123 tahun. Jembatan yang menuju perkantoran Pemkab Magetan, alun – alun dan masjid Agung Magetan itu pernah di rehabilitasi atau di lebarkan pada tahun 1978 atau sudah melebihi umur rencana jembatan 50 tahun.

Panjang Jembatan gandong 1 = 48m terdiri dari 4 bentang x 12m dan di setiap bentang struktur atas jembatan ada deletasi (struktur terpisah), sehingga diprediksi retakan di perkerasan aspal itu karena deletasi bukan karena kerusakan struktur jembatan.

Jembatan gandong 1 masih aman untuk kendaraan yang tidak melampaui batas beban ganda (roda) 8 ton. Dan rencananya untuk kerusakan aspal tersebut akan dilakukan perbaikan dengan metode Prategang Eksternal. (Palih)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

2 × 2 =