banner 728x90

Banjir Bandang Arjosari Pacitan Bawa Material Dari Pegunungan

Mearindo Pacitan
Bencana alam Banjir bandang yang membawa material batu dan tanah dari daerah gunung serta perbukitan terjadi di Kabupaten Pacitan pada hari Senin, tanggal 05 Maret 2018 pada pukul 14.00 WIB.

Banjir bandang bercampur material bebatuan itu terjadi tepatnya di lingkungan Gupit Dusun Wonosari, Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Kronologi kejadian banjir bandang itu terjadi setelah wilayah Kecamatan Arjosari diguyur hujan dengan intensitas tinggi selama hampir empat jam sejak pukul 11.00 WIB. Akibatnya air yang mengalir dengan cepat di jalan dan anak kali dari dataran tinggi menuju Desa Karangrejo tersebut mampu membawa material bebatuan bercampur tanah dari dataran atas dan berhenti ditikungan hingga mengakibatkan timbunan material setinggi 1 meter.

Akibat peristiwa itu menyebabkan akses jalan penghubung antara Desa Karangrejo dan Desa Karanggede tertutup total material longsor bebatuan dan tanah setinggi 1 meter dengan panjang 20 meter.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Pacitan bersama anggota Satlinmas Pol PP Pacitan, POLRI dan TNI AD koramil Arjosari yang datang dilokasi tertumpuknya material longsor kemudian memasang tanda bahaya bahaya agar masyarakat sekitar tidak mendekati lokasi karena dikhawatirkan akan terjadi banjir lumpur susulan.

Hingga Pukul 15.00 WIB 1 unit alat berat milik PT. Berantas Abipraya tiba dilokasi dan langsung melakukan proses evakuasi pembersihan material longsor berupa batu-batu besar yang menutup total jalan penghubung antara Desa Karangrejo dan Desa Karanggede dengan dibantu oleh warga masyarakat dan aparat yang ada dilokasi.

Tidak ada korban jiwa akibat bencana banjir itu, namun Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Pacitan menghimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan menghadapi kemungkinan yang tidak diinginkan dimusim penghujan. Hal ini mengingat wilayah tersebut merupakan daerah rawan bencana banjir maupun tanah longsor. (Fitria/AD) Foto: Satlinmas Pol PP Kab.Pacitan

Pencarian terkait:

- download foto arjosari banjir bandang
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

four × 3 =