banner 728x90

LIMA DESA DI WILAYAH PACITAN KEMBALI TERENDAM BANJIR

Mearindo Pacitan

Masih belum hilang trauma akibat banjir bandang dab bencana tanah longsor yang menerjang beberapa kecamatan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur pada tanggal 28 Nopember 2018 lalu, kini wilayah Kecamatan Arjosari Kab.Pacitan kembali terandam banjir akibat hujan yang menguyur wilayah tersebut.

Banjir yang terjadi pada hari Kamis tanggal 25 Januari 2018 itu mencapai ketinggian bervariasi antara 10 Cm sampai dengan 1,5 meter akibat hujan dengan intenaitas tinggi disertai angin kencang yang turun sejak 24 januari 2018 Pukul 14.00 WIB.

Selain menggenangi beberapa desa di wilayah Kecamatan Arjosari, arus banjir juga mengakibatkan lumpuhnya fasilitas umum seperti Pasar, akses jalan raya dan beberapa tempat pelayanan publik lainya.

Diantara desa yang terendam air banjir wilayah Arjosari diantaranya : Desa Gayuhan, Desa Pagotan, Desa Jatimalang, Desa Mlati dan Desa Tremas.

Banjir yang merendam kawasan kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan tersebut diduga diakibatkan oleh luapan aliran anak kali sungai Grindulu yang berasal dari Desa Tinatar Kec. Punung dan dari Desa Tokawi Kec. Nawangan.

Warga sebelumnya sudah dihimbau BPBD Kab. Pacitan melalui gabungan Babinsa Ramil 0801 / 03 Arjosar, POLRI dan perangkat desa lainya. Sebab kemungkinan banjir sebelumnya sudah diprediksi dari debit Air anak sungai Grindulu yang berasal dari Desa Tinatar Kec Punung Kab Pacitan dan dari Desa Tokawi Kec.Nawangan, Kab. Pacitan mengalami peningkatan pada kamis dini hari sekira pukul 01.0 Wib.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu, arus lalu lintas Pacitan – Ponorogo dan Pacitan – Nawangan terhambat. Sedangkan untuk kerugian material masih dalam Pendataan. (Hari/Eyd)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

four + 9 =