banner 728x90

SEPULUH JENIS BERITA MATERI DIKLAT JURNALIS

Berita merupakan sebuah informasi yang disuguhkan dengan beberapa bentuk diantaranya teks tertulis, gambar bergerak atau vidio serta suara semata hanya bertujuan menyampaikan sebuah informasi.

1. Straight News
Biasa dikenal sebagai berita langsung adalah berita yang ditulis secara ringkas, lugas, apa adanya, dan biasanya berisi informasi tentang peristiwa yang sedang hangat dibicarakan, atau informasi terkini mengenai suatu hal / peristiwa. Berita jenis ini seringkali ditempatkan di halaman depan surat kabar, atau menjadi berita utama di televisi dan media online.

2.Hard news
Pada dasarnya merupakan bagian dari straight news. Hard news merupakan berita paling update, berkualitas, serta memiliki nilai. Biasanya hard news berisi berita yang bersifat khusus atau mengenai peristiwa yang tidak disangka akan terjadi (tiba – tiba).

3. Soft News
Soft news juga merupakan bagian dari straight news yang merupakan berita langsung, terbaru. Bedanya dengan hard news adalah bahwa soft news menyajikan berita yang sifatnya ringan dan nilai beritanya berada dibawah nilai berita yang dimiliki hard news. Soft news biasanya berupa berita pendukung dari berita utama, atau berita-berita yang tidak bersifat serius dan menegangkan.

4. Interpretative News
Pengembangan dari straight news. Interpretative news meruapakan berita langsung yang dilengkapi dengan tambahan informasi seperti pendapat atau penelitian yang dilakukan oleh penulisnya

Informasi tambahan tersebut bisa berupa data-data yang terkait, latar belakang peristiwa, atau hasil wawancara dengan pengamat, atau ahli.

Namun pengembangan berita jenis ini lebih menekankan kepada fakta daripada opini.

5. Depth News
Depth news atau berita mendalam menyajikan berita yang berisi ulasan mendalam mengenai suatu peristiwa. Biasanya berita jenis ini akan lebih menonjolkan informasi mengenai ‘bagaimana’ dan ‘mengapa’ peristiwa ini terjadi. Mengapa terjadi, apa penyebabnya, bagaimana prosesnya, bagaimana dampaknya, apa yang harus dilakukan untuk kedepannya.

6. Investigation News
Investigation news atau berita investigasi merupakan berita yang ditulis berdasarkan hasil penyelidikan yang secara khusus dilakukan pada suatu peristiwa.

Biasanya jurnalis melakukan hal ini  dengan tujuan tertentu, misalnya untuk membongkar tindakan penyelewengan yang merugikan kepentingan publik, membongkar suatu jaringan illegal logging, pembakaran hutan, dll.

Investigation news berupaya untuk mengungkapkan hal-hal tersembunyi dibalik suatu kejadian, sehingga seringkali dalam melakukan penelusuran informasi dan penylidikan untuk berita ini, jurnalis harus bertindak seperti intel dan bisa jadi mempertaruhkan nyawanya.

7. Opinion News
Opinion News merupakan berita yang berisi opini tentang suatu peristiwa hangat yang sedang terjadi. Berita ini biasanya bersumber dari pendapat pengamat atau ahli mengenai isu, masalah, atau peristiwa yang diangka tersebut.

8. Comprehensive News
Comprehensive news merupakan berita yang berisi laporan mengenai fakta dari suatu peristiwa yang ditinjau secara menyeluruh. Tidak seperti berita langsung yang biasanya merupakan serpihan fakta perhari dan tidak memperhatikan keterkaitan berita tersebut dengan berita lain; berita komprehensif meninjau fakta dari berbagai aspek.

Berita komprehensif berusaha menggabungkan  berbagai serpihan fakta tersebut menjadi suatu bangunan cerita peristiwa dengan benang merah yang terlihat jelas. Sehingga berita jenis ini bersifat utuh dan menyeluruh.

Contoh comprehensive berita misalnya berita mengenai komunisme di Indonesia, penyebarannya, tujuannya, dan segala aspek yang menyangkut didalamnya.

9. Feature Story
Berbeda dengan straight news, depth news, atau interpretative news yang menyajikan informasi mengenai peristiwa terbaru yang penting, Feature story tidak menyajikan informasi yang penting bagi pembaca. Dalam Feature story, penulis mencari fakta yang akan menarik pembaca.

Penulis memberikan reading experiences pada pembaca dengan menyajikan berita yang ditulis dengan gaya penulisan humor sehingga membuat pembaca tertarik.

Contoh feature story misalnya “Jika Hujan Terjadi Terus Menerus Maka Pemilukada Kab. Magetan Akan Gagal Kesuksesanya’

10. Editorial Writing
Editorial writing merupakan berita yang ditulis secara khusus sebagai representasi dari pikiran suatu institusi. Pikiran tersebut diuji didepan sidang pendapat umum. Sehingga penulis editorial bukan menulis atas nama dirinya sendiri, melainkan atas nama sebuah surat kabar, majalah atau stasiun radio dan televisi.

Oleh sebab itu penulis editorial kemungkinan akan diberi instruksi sebelum menulis. Editorial menyajikan fakta dan opini, menafsirkan berita penting dan mempengaruhi pendapat umum mengenai berita tersebut.

Berikut diatas dijelaskan sedikit mengenai sepuluh jenis berita. Dan setiap jenis berita pada prinsipnya wajib memperhatikan unsur 5W + 1H untuk membuat berita yang lengkap, dan utuh.

Unsur tersebut yaitu What (apa), Who (siapa), Why (mengapa), When (kapan), Where (dimana), dan How (bagaimana).

Selain itu, dalam penulisan berita juga ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar berita tersebut layak untuk di publikasikan.

Syarat tersebut antara lain: merupakan fakta (nyata), terkini (actual), seimbang (tidak memihak), lengkap (memenuhi unsure 5W+1H), menarik miat pembaca, dan disusun secara sistematis.

Dalam kode etik undang undang pers, media berhak melindungi identitas nara sumber, pemberitaan balance atau berimbang dan konfirmasi dengan pihak bersangkutan atau perwakilan dari anggota kelembagaan.

setiap pihak mendapatkan hak jawab untuk diterbitkan pada edisi berikutnya.

Disampaikan dalam Diklat Jurnalis oleh Sifaul Anam, S,PdI
Pimpinan Umum PT. Mea Rindo Nusantara
Pimpinan Redaksi Media Mearindo (Medianya Orang Indonesia)
Ketua Ormas Orang Indonesia Bersatu

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

19 − seven =


Fatal error: Uncaught JSMin_UnterminatedCommentException: JSMin: Unterminated comment at byte 1263: /** jQuery(window).load(function(e) { jQuery("#bn1").breakingNews({ effect :"slide-h", autoplay :true, timer :5000, // color :"red" }); jQuery("#bn4").breakingNews({ effect :"slide-v", autoplay :true, timer :3000, // color :'green', border :true }); jQuery("#bn2").breakingNews({ effect :"slide-h", autoplay :true, timer :3000, // color :"yellow" }); jQuery("#bn3").breakingNews({ effect :"slide-v", autoplay :true, timer :3000, // color :"turquoise", border :true }); jQuery("#bn5").breakingNews({ effect :"slide-v", // color :'orange' }); jQuery("#bn6").breakingNews({ effect :"slide-h", autoplay :true, timer :3000, // color :'purple' }); jQuery("#bn7").breakingNews({ effect :"slide-v", autoplay :true, timer :3000, // color :'darkred' }); jQuery("# in /home/u4601792/public_html/wp-content/plugins/autoptimize/classes/external/php/minify-2.3.1-jsmin.php on line 424