banner 728x90

Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan, Pabrik Gula Rejosarie Bantu Usaha Kecil Dan Menengah

Ris Budiono Manager Penanam PG Rejosarie mendampingi Syaiful Bagian CRS PTP XI memaparkan kepada para petani tebu biaan PG Rejosari, Selasa (26/9/2017)

Magetan – Pabrik Gula (PG) Rejosarie Kabupaten Magetan dilingkup PTP XI membiayai petani tebu binaan PG Rejosarie tersebut lewat dana kemitraan atau Program Kemintraan dan Bina Lingkungan (PKBL), Selasa (26/9/2017).

Deriktur Utama PG Rejosarie melalui Manager Penanaman Ris Budiono mengatakan BUMN yang bersedia mennyalurlan dana PKBL untuk membiayai petani tebu, yakni Pertamina, PT Antam, PT Jasa Raharja, PT Jasindo dan PT Krakatau Steel.

“Untuk musim tanam 2017 – 2018, berhasil dihimpun dana PKBL, kurang lebih sebesar Rp. 10,6 Miliar untuk petani wilayah binaan PG Rejosarie kurang lebih sebanyak 26 petani tebu namun tahap pertama baru cair sekitar 1,9 Miliar atau diperkirakan saat sekarang perpetani sudah cair Rpp. 74 juta kepada Mearindo.com,”katanya di selala-sela sosialisasi perjanjian pinjaman penyaluran dana program kemintraan Petani Tebu Rakyat Masa Tanam (2017 – 2018) antara BUMN yang akan membiayai dan Petani PG Rejosari, Selasa (26/9/2017).

Pembiayaan penanaman tebu lewat skema dana PKBL tersebut, kata dia merupakan pelengkapan dari pembiayaan lewat skema KUR oleh perbankan. Untuk BUMN yang akan membiayai telah direalisasikan selama 3 tahun terakhir ini.

Ditambahkan Ris Budiono, dana PKBL yang penyalurannya dengan PG Rejosarie merupakan sebagian dari keuntungan yang diperoleh perusahaan tersebut, PG Rejosari antusias menyalurkan pembiayaan untuk petani tebu karena menyangkut upaya meningkatkan ketahanan pangan. Disisi lain, program tersebut menjadi prioritas dari pemerintah.

“Bunga dari pembiayaan yang bersumber dari PKBL sangat rendah hanya 3 persen flat sehingga menguntungkan petani tebu, kami memang tidak beroreantasi mencari untung lewat bunga pembiayaan. Dana PKBL tidak berkurang sudah baik,”ujar Syaiful salah satu pejabat PTP XI saat diwawancarai Mearindo.com, Selas (26/9/2017).

General Manager PG Rejosarie melalui Manager Keuangan dan Administrasi Eddy Susanto menjelaskan jumlah petani tebu yang masuk dalam binaan PG Rejosari dari jumlah yang ada sebanyak 75 persen membutuhkan bantuan pembiaayaan dari bank maupun lainnya, sedangkan yang sudah mandiri karena karena tergolong petani kaya.

“Petani yang membutuhkan pembiaayan itu di caver perbangkan penyaluran KUR dan dana PKLB.”jelasnya.

Syaiful menegaskan beberapa BUMN sudah berancang-ancang mengucurkan dana PKBL, untuk pembiayaan Tebu. Namun belum ada perjanjian kerja sama antara BUMN yang menyalurkan dana PKBL dengan PTP XI maka nam BUMN dan komitmen dana yang akan disalurkan tidak bisa dirilis.

Dia menjamin dana PKBL yang digunakan pembiayaan untuk petani tebu sangat aman, pasti akan kembali karena dip[otong saat mereka menjual gulanya lewat PG, jadi NPL )persen dana 100 persen kembali,”ucapnya.

SMEPP atau yang juga dikenal dengan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) diatur dalam Permen-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan. PG Rejosari membantu usaha kecil dan menengah dalam bentuk program kemitraan sebagai bentuk peran serta PG dalam membangun perekonomian di Kabupaten Magetan. (G.Lih)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

11 − two =


Fatal error: Uncaught JSMin_UnterminatedCommentException: JSMin: Unterminated comment at byte 1263: /** jQuery(window).load(function(e) { jQuery("#bn1").breakingNews({ effect :"slide-h", autoplay :true, timer :5000, // color :"red" }); jQuery("#bn4").breakingNews({ effect :"slide-v", autoplay :true, timer :3000, // color :'green', border :true }); jQuery("#bn2").breakingNews({ effect :"slide-h", autoplay :true, timer :3000, // color :"yellow" }); jQuery("#bn3").breakingNews({ effect :"slide-v", autoplay :true, timer :3000, // color :"turquoise", border :true }); jQuery("#bn5").breakingNews({ effect :"slide-v", // color :'orange' }); jQuery("#bn6").breakingNews({ effect :"slide-h", autoplay :true, timer :3000, // color :'purple' }); jQuery("#bn7").breakingNews({ effect :"slide-v", autoplay :true, timer :3000, // color :'darkred' }); jQuery("# in /home/u4601792/public_html/wp-content/plugins/autoptimize/classes/external/php/minify-2.3.1-jsmin.php on line 424