banner 728x90

Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Magetan Dipertanyakan

Magetan – Mearindo.com, Condro, Kabag Administrasi Perekonomian Pemerintah Kabupaten Magetan selalu terkesan menghindar  setap ketika mau dikonfirmasi mengenai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di tahun 2017 di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.
Pada hal DBHCHT di Kabupaten Magetan mencapai puluhan miliar rupiah. Hal ini mendasar Peraturan Gubernur Jatim No: 136 Tahun 2016 tentang alokasi DBHCHT 2017 yang nantinya anggaran ini akan diposting sesuai protapnya ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab setempat.
Kalau dikalkulasi total DBHCHT yang belum dimasukan ke APBD 2017 mencapai satu hingga tiga miliar. Dan itu bakal dimasukan ke perubahan anggaran nantinya.
Kalau di kabupaten sebelah contohnya Ngawi, peningkatan dana cukai tidak lepas dari Silpa 2016 yakni sebesar Rp 1,38 miliar ditambah selisih anggaran Rp 2,7 miliar yang tidak tercover ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Magetan 2017.
Data yang dihimpun Pojok Kiri mengenai DBHCHT, direncanakan selisih anggaran bakal dimasukan ke perubahan APBD ditahun yang sama. Kemungkinan Lebih rinci, DBHCHT bakal dialirkan ke beberapa OPD antara lain Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perdagangan dan Perindustrian dan Tenaga Kerja.
Untuk Sekretariat Daerah (Setda) dan disusul Dinas Perternakan dan Perikanan (DPP), Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang dan terakhir Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga juga bakal mendapat namun jumlahnya kurang jelas karena yang tahu persis Kabag Administrasi dan Perekonomian Condro yang setiap mau di konfirmasi stafnya selalu bilang sedang keluar, ada rapat dan staf nya kalau di tanya sore kembali apa tidak di jawab tidak tahu.
Sesuai plotingnya anggaran DBHCHT ini sudah terserap habis maka teknis selanjutnya tinggal melakukan penyerapan DBHCHT terbagi dua jenis berdasarkan pemanfaatanya yakni specific grant dan block grant, aturan tersebut sebagaimana diatur Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 28 Tahun 2016 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi DBHCHT. (lak)
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan