banner 728x90

TRADISI KEDUK BEJI TAWUN MASIH MENJADI PERHATIAN WARGA

Ngawi,19 Agustus2014, 
Sebuah tradisi di kabupaten ngawi tepatnya di desa tawun, kembali di gelar dan menjadi pusat perhatian masyarakat setempat dan sekitarnya. Banyak ratusan warga menyaksikan di gelarnya tradisi rutin tahunan yang bertajuk keduk beji tersebut. Beginilah aktifitas warga Desa Tawun Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi saat melakukan pembersihan pada salah satu pusat sumber mata air yang ada di daerah tersebut. 
Sebanyak puluhan warga nampak bergotong-royong membersihkan mata air yang berada di dalam lokasi wahana wisata Tawun Kabupaten Ngawi menggunakan alat seadanya. “Gotong-royong yang di lakukan oleh warga ini, merupakan sebuah tradisi rutin tahunan. Dari masyarakat sekitar untuk menunjukan rasa syukur atas keberadaan sumber mata air yang mampu mengairi sawah warga setempat” terang Supomo sebagai juru kunci.
Selain membersihkan kolam sumber mata air yang bernama keduk beji tersebut, seluruh peserta juga melakukan tradisi ritual.Ritual yang di awali dengan doa bersama tersebut, di lanjutkan dengan menaruh sesaji ke dalam pusat sumber mata air yang berada di dalam kolam. Ritual tersebut di lakukan oleh dua orang yang merupakan juru kunci atau sesepuh masyarakat setempat. Dua orang yang berdandan ala prajurit di masa kerajaan menyelam ke dalam pusat sumber mata air dengan membawa sebuah sesaji yang akan di taruh di dasar pusat sumber mata air. Setelah keluar dari dalam mata air dua sesepuh tersebut langsung memanjatkan doa untuk kesejahteraan masyarakat sekitar. 
Selain pelaksanaan tradisi yang sudah berjalan semenjak nenek moyang tersebut, lumpur yang dibersihkan keluar dari sumber mata air sendang beji tersebut, di percaya oleh masyarakat mampu mumbuat tampan serta cantik, bagi semua warga yang datang dan melumuri lumpur pada mukanya. 
“Tradisi melumuri lumpur ini juga di percaya mampu membuat awet muda bagi siapa saja yang ikut mandi menggunakan air sumber beji saat tradisi keduk beji berjalan” terang peserta yang ikut ritual. Dan adanya pelaksanaan tradisi keduk beji tersebut selalu mendapat perhatian bagi ratusan warga untuk datang dan menyaksikan pagelaran tradisi rutin tahunan tersebut.( Ag )
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan